androidvodic.com

Harga Daging Ayam Naik Jelang Ramadan, Kemendag: Belum Lampaui Harga Acuan dari Bapanas - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Kenaikan harga daging ayam menjelang bulan Ramadan 2024 diyakini masih aman. Sebab, kenaikannya belum melampaui harga acuan yang ada.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengatakan, kenaikan harga daging ayam belum melampaui harga acuan yang telah ditetapkan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Tak hanya daging ayam, Isy mengatakan Kemendag juga mencatat adanya kenaikan harga telur ayam ras menjelang bulan Ramadan ini.

Baca juga: Harga Cabai Semua Jenis dan Daging Ayam Meroket Saat Libur Panjang

"Semenjak pandemi kan juga ada pembatasan kegiatan masyarakat, harga ayam, harga telur, itu sempat merosot jauh. Nah, sekarang harga ayam itu naik, tapi belum sampai harga acuan juga," kata Isy dikutip dari akun Youtube FMB9ID_IKP, Selasa (5/3/2024).

Isy mengatakan, ada beberapa pasar yang harga daging ayamnya sudah mencapai harga acuan. Namun, secara rata-rata nasional, masih di sekitar harga acuan.

"Kalau (harga daging, red) ayam, naiknya belum melampaui yang telah ditetapkan Bapanas. Ada beberapa pasar yang memang sudah mencapai harga acuan yang Rp 35.700 per kilogram," ujar Isy.

"Kalau dari rata-rata nasional yang dipantau kemarin, harga ayam itu masih Rp 35 ribu per kilo, ada yang Rp 36 ribu per kilo. Jadi masih di kisaran harga acuan," lanjutnya.

Adapun perihal harga acuan daging ayam ini diatur dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 5 tahun 2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras.

Baca juga: Update Harga Pangan Per 7 Februari: Telur Naik Rp 29.100, Daging Ayam Melonjak Tembus Rp 36.900

Harga Acuan Pembelian di tingkat produsen ditetapkan di harga Rp 21.000-Rp 23.000 per Kg, sedangkan Harga Acuan penjualan di tingkat konsumen ditetapkan Rp 36.750 per Kg.

Sebagai informasi, data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag pada 4 Maret 2024 menunujukkan, harga daging ayam ras secara nasional naik 1,02 persen menjadi Rp 39.700 per kg.

Harga telur ayam ras juga mengalami kenaikan yang hampir sama besarnya, yaitu naik 0,94 persen. Per kilogramnya kini dibanderol Rp 32.300.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat