androidvodic.com

Rp1,4 Miliar untuk Berdayakan UMKM Perempuan Lewat Literasi Finansial dan Digital - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News – Upaya memberdayakan para perempuan pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air terus dijalankan dengan dukungan sektor swasta.

Di Indonesia, lebih dari 64 persen dari total UMKM dipimpin oleh perempuan dan semuanya memiliki peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Melalui upaya pemberdayaan literasi finsanial dan digital, para perempuan pemilik usaha UMKM bisa mengembangkan skala usahanya dan menjangkau pasar lebih luas.

Baca juga: Dorong Ekonomi Lokal, Anak Usaha Jakpro Gelar Pelatihan dan Bazar UMKM Rusunawa Jakarta

Inisiatif ini antara lain dilakukan oleh Mastercard dan Oppo Indonesia melalui program Purchase with Purpose bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation.

Selama periode dari 20 November hingga 31 Desember 2023, program ini berhasil mengumpulkan donasi Rp 1,4 miliar untuk membiayai kegiatan pemberdayaan UMKM perempuan melalui literasi finsanial dan digital.

Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia mengatakan, di program ini perusahaannya mendonasikan Rp500.000 untuk setiap pembelian smartphone Oppo menggunakan kartu debit dan kredit Mastercard di Oppo store dan online store.

Khusus pembelian Find N3, pihaknya menggandakan jumlah donasi menjadi Rp1.000.000.

Hasil donasi selanjutnya akan disalurkan untuk program-program pemberdayaan bagi 500 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dipimpin oleh perempuan di Jabodetabek, untuk meningkatkan literasi digital dan finansial mereka.

Pada waktu yang bersamaan, sebesar 25 persen dari hasil donasi digunakan untuk UMKM yang fokus kepada produk halal.

Dukungan kepada UMKM yang fokus kepada produk halal, merupakan komitmen Mastercard dan Oppo Indonesia untuk mendukung ekonomi syariah di Indonesia, sejalan dengan agenda pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah.

Baca juga: Bonus Musim Panas Perusahaan Jepang Meningkat, UKM Indonesia pun Dapat Bonus di Tokyo

Veronica Colondam, Founder and CEO YCAB Foundation mengatakan, pemberdayaan UMKM perempuan menjadi inti misi YCAB Foundation. Kolaborasi berhasil memberikan dukungan yang krusial untuk para pengusaha tersebut, memungkinkan mereka mendapat akses ke sumber daya dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan ekonomi masa kini.

Patrick Owen, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, mengungkapkan, program ini menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi UMKM perempuan di Jabodetabek, selaras dengan etos ‘Inspiration Ahead’ dari Oppo, yakni kepercayaan kami kepada masa depan yang menjanjikan, didorong oleh kualitas yang terbaik.

"Kolaborasi ini bukan hanya kemitraan semata; ini membuktikan komitmen kami bersama untuk membuat dampak positif dalam kehidupan masyarakat dan kami berharap program kolaboratif ini memberikan banyak manfaat bagi banyak orang, serta terus berkembang ke depannya," ujarnya.

Aileen Goh menambahkan, kolaborasi ini juga menjadi komitmen global Mastercard membawa 1 miliar individu dan menghubungkan 50 juta UMKM ke ekonomi digital secara global pada tahun 2025.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat