androidvodic.com

News, Harian Tribun Medan, dan Banjarmasin Post Raih Penghargaan dari Kemenhub - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Tiga media jaringan Tribun Network, yakni News, Harian Tribun Medan, dan Banjarmasin Post meraih penghargaan di tiga kategori berbeda dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan 30 karya jurnalistik terbaik dalam Kompetisi Jurnalistik Kemenhub. Apresiasi bagi para pewarta dari seluruh Indonesia itu disaksikan dan diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Perhubungan Novie Riyanto mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Karya, Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, pada hari Rabu (29/5/2024).

News meraih Penghargaan Vritta Aksata Kementerian Perhubungan.

Penghargaan Vritta Aksata dipersembahkan khusus kepada media yang aktif memberitakan informasi terkait perhubungan selama Lebaran 2024.

Baca juga: 12 Media Tribun Network Sabet Penghargaan Serikat Perusahaan Pers Awards IPMA 2024

Sedangkan, penghargaan dari jaringan Tribun Network juga diberikan di Juara 3 Sub Kategori Opini diraih Truly Okto Hasudungan Purba dari Harian Tribun Medan dengan judul BRT, Harapan Transportasi Massal yang Efisien di Kawasan Metropolitan Medan.

Selain itu, Juara 3 Sub Kategori Foto Features diraih Aya Sugianto dari Banjarmasin Post dengan judul Sarana Keselamatan Pelabuhan Alalak Banjarmasin.

General Manager Content Tribun Network, Yulis Sulistyawan menyampaikan, penghargaan ini adalah bukti bahwa Tribun Network turut berkontribusi secara aktif memberikan informasi positif kepada masyarakat, khususnya terkait transportasi.

"News berkomitmen mengabarkan informasi terbaik dari penjuru Indonesia yang selalu menjunjung pembaca sebagai tujuan utamanya dan itu sesuai tagline, Mata Lokal Menjangkau Indonesia," ujarnya di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024).

Sekjen Perhubungan Novie Riyanto melihat bahwa karya-karya jurnalistik yang dihasilkan mampu memberikan gambaran utuh tentang perkembangan dan kemajuan sektor transportasi di Indonesia, dari perkotaan hingga pelosok negeri.

"Kompetisi ini merupakan wujud apresiasi dan dukungan kami terhadap profesionalisme para jurnalis," ujarnya.

Sedangkan, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Budi Rahardjo berharap hubungan antara Kemenhub dengan media dapat terus terjalin dengan baik.

"Peran jurnalis dalam menyampaikan informasi yang faktual dan akurat sangat penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perkembangan dan dinamika sektor transportasi di tanah air," katanya.

Diketahui, bahwa karya-karya para jurnalis dalam kompetisi ini dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari pakar jurnalistik, media, transportasi, hingga komunikasi, seperti Totok Suryanto (Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers), Asmono Wikan (CEO PR INDONESIA Group), Djoko Setijowarno (pakar Transportasi), Oscar Motuloh (jurnalis senior), Arbain Rambey (fotografer senior).

Kompetisi yang mengangkat tema “Transportasi Maju Menghubungkan Indonesia” ini diikuti oleh 330 karya jurnalistik yang masuk ke panitia. Para jurnalis ini bersaing dalam berbagai kategori, di antaranya Media Cetak (straight news, features, opinion). Media Online (straight news, feature, opinion), Media Televisi (straight news, features), dan Foto Jurnalistik (foto features, foto essay).

Dengan berbagai subtema yang bisa dipilih antara lain Membuka Keterisolasian Wilayah, Edukasi tentang Keselamatan Masyarakat dan Transportasi yang Inklusif, Pemerataan Distribusi Logistik, Penyelesaian Masalah Polusi dan Kemacetan, Layanan Transportasi yang Efisien, Pemerataan Ekonomi, serta Memastikan Keselamatan dan Kelancaran Transportasi saat Hari Raya dan Libur Panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat