androidvodic.com

Bidik Jutaan Komunitas di Tanah Air, Bank Raya Perluas Penetrasi Layanan Digital Perbankan - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Bank Raya yang merupakan bank digital bagian dari BRI Group, kini membidik target market komunitas dan segmen mikro.

Direktur Utama Bank Raya, Ida Bagus Ketut Subagia mengungkapkan, salah satu upayanya yakni membuat inovasi di aplikasi Bank Raya agar memudahkan komunitas untuk menabung secara kolektif dan memantau transaksi finansial bersama melalui fitur Saku Bareng.

Baca juga: Percepat Inklusi Keuangan UMKM Asia Pasifik, 13 E-Wallet dan Bank Digital Dukung Program Sirius

Ida mengungkapkan, hal ini merupakan upaya perusahaan untuk terus menghadirkan solusi finansial bagi masyarakat dan mitra bertumbuh.

"Kami melihat bahwa gotong royong dan kebersamaan menjadi ciri khas masyarakat Indonesia, seperti misalnya kelompok arisan, komunitas hobi, dan lain-lain," ungkap Ida dalam keterangannya, Kamis (30/5/2024).

Baca juga: Hadapi Persaingan Bank Digital yang Terus Bertumbuh, Bank Jago Gunakan Jurus Ini

"Kami memahami bahwa komunitas ini perlu didukung agar kegiatan mereka dapat berjalan lancar dengan adanya tabungan kolektif yang transparan dan aman agar mereka dapat menabung bersama di anggota komunitas," sambungnya.

Sejak 2 bulan diluncurkan, Saku Bareng telah dimanfaatkan oleh lebih dari seribu anggota komunitas dengan total 304 saku.

Sedangkan total nasabah digital saving Bank Raya juga terus mengalami pertumbuhan yang baik.

Pada Kuartal I-2024 jumlah nasabah digital saving Bank Raya telah mencapai lebih dari 800 ribu nasabah.

Beberapa fitur di Raya App juga menunjukkan peningkatan pada kuartal I-2024, seperti pembayaran menggunakan QRIS tumbuh sebesar 263,32 persen (yoy) dan top-up e-wallet tumbuh sebesar 171,92 persen (yoy).

Baca juga: Bank Digital Akselerasi Digitalisasi UMKM, Beri Limit Pinjaman hingga Rp 25 Juta

Rata-rata transaksi payment di Maret 2024 sebesar 102 ribu transaksi atau meningkat 309 persen dibandingkan Maret 2023.

Sebagai informasi, untuk fitur Saku Bareng memberikan beberapa kemudahan untuk menabung kolektif seperti menu pembuatan lima saku hingga 100 orang anggota.

Sehingga mempermudah dalam memisahkan bujet pribadi dan komunitas, monitor saldo dan mutasi rekening bersama anggota, pengelolaan dana keluar yang hanya dapat diakses oleh admin, namun dengan persetujuan anggota, sementara bagi para anggota akan mendapatkan notifikasi setiap ada transaksi keluar, dengan demikian memantau tabungan bareng menjadi lebih praktis, transparan, dan aman.

"Kekuatan komunitas di tengah masyarakat Indonesia dengan kesamaan hobi atau latar belakang menjadi peluang untuk mendorong percepatan literasi digital masyarakat lebih mudah diterima," papar Ida.

"Untuk itu, kami berkomitmen untuk menjadi kawan finansial dan mitra bertumbuh bagi para komunitas dan pelaku usaha dengan kemudahan produk dan fitur di Aplikasi Bank Raya," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat