androidvodic.com

Ketua Umum PGI Sambut Baik Izin Pengelolaan Tambang kepada Ormas Keagamaan - News

News, JAKARTA - Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom mengapresiasi Pemerintah yang memberikan izin tambang atau Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) kepada ormas keagamaan.

Menurut Gomar, kebijakan ini menunjukkan komitmen Presiden melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat untuk mengelola kekayaan negeri.

"Menunjukkan penghargaan Presiden kepada ormas keagamaan yang sejak awal telah turut berkontribusi membangun negeri ini," ujar Gomar melalui keterangan tertulis, Rabu (5/6/2024).

Meski begitu, Gomar mengakui bahwa kebijakan ini tidak mudah untuk diimplementasikan.

Dirinya menilai kemungkinan ormas keagamaan memiliki keterbatasan dalam pengelolaan tambang.

"Apalagi dunia tambang ini sangatlah kompleks, serta memiliki implikasi yang sangat luas. Namun mengingat setiap ormas keagamaan juga memiliki mekanisme internal yang bisa mengkapitalisasi SDM yang dimilikinya, tentu ormas keagamaan, bila dipercaya, akan dapat mengelolanya dengan optimal dan profesional," tuturnya.

Gomar menilai yang perlu dijaga, adalah agar ormas keagamaan kelak tidak mengesampingkan tugas dan fungsi utamanya, yakni membina umat.

Baca juga: Soal Izin Tambang, Jokowi: Diberikan Kepada Badan Usahanya, Bukan Ormasnya

"Juga menjaga agar ormas keagamaan tersebut juga tidak terkooptasi oleh mekanisme pasar. Dan yang paling perlu, jangan sampai ormas keagamaan itu tersandera oleh rupa-rupa sebab sampai kehilangan daya kritis dan suara profetisnya," ucapnya.

Keterlibatan ormas keagamaan dalam sektor pertambangan ini, kata Gomar, jika dikelola dengan baik bisa menjadi terobosan dan contoh baik di masa depan dalam pengelolaan tambang yang ramah lingkungan.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat