androidvodic.com

BUMN Holding Industri Pertambangan Komitmen Lestarikan Lingkungan di Area Operasional - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Mengatasi perubahaan iklim menjadi tanggungjawab banyak pihak.

Selain negara, masyarakat dan sektor swasta, BUMN juga ikut berperan.

Salah satunya BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen turut mengambil peran sebagai pemain kunci dalam upaya mengatasi dampak perubahan iklim dan memastikan warisan alam kita terjaga untuk masa depan yang berkelanjutan.

Baca juga: DPR Dorong MIND ID jadi Garda Terdepan Menanggulangi Fraud di Pertambangan RI

"Untuk itu, perusahaan terus menggencarkan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang mendukung kelestarian bumi lebih hijau," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf, dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/6/2024).

Salah satu TJSL unggulan bidang prioritas lingkungan mencakup program Pembibitan Multi Purpose Tree Species (MPTS) untuk Bumi yang Lebih Hijau di Sentul Bogor maupun Program Fishing Ground di perairan Desa Rebo.

Program Pembibitan Multi Purpose Tree Species (MPTS) yang dilaksanakan di Sentul, Bogor hadir sebagai solusi untuk menyediakan bibit tanaman yang bermanfaat bagi ekologi dan ekonomi.

Baca juga: Perusahaan Anggota MIND ID Bangun Proyek Smelter untuk Dukung Hilirisasi Mineral

Realisasi pembibitan tanaman kayu dan buah di Pembibitan Sentul, Bogor yang dikelola oleh Yayasan Bumi Selaras (YBSS) ini mencapai 100.000 bibit yang didistribusikan ke masyarakat dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pencapaian program ini tidak hanya terlihat dari jumlah bibit yang berhasil disebarkan, tetapi juga dari dampak positif yang dihasilkan.

"Melalui kegiatan pembibitan MPTS di Sentul, kami ingin memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Baca juga: BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID Dukung Peran Kartini Tambang

Program ini memberdayakan masyarakat sekaligus mendorong kampanye pelestarian lingkungan hidup," ujar

Program unggulan lainnya yang turut mendukung upaya pelestarian bumi yakni fishing ground, upaya memperbaiki kondisi kehidupan nelayan, yang dijalankan PT Timah.

Program ini dirancang untuk meningkatkan akses nelayan terhadap sumber daya perikanan yang lebih stabil dengan menciptakan fishing ground atau area penangkapan ikan aru melalui penenggelaman 170 rumpon dan 30 atraktor cumi.

"Program ini sukses meningkatkan akses nelayan terhadap ikan, serta memperkaya kehidupan bawah air, meningkatkan ketahanan pangan, dan memberi peluang baru untuk pengembangan rekreasi dan pariwisata," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat