androidvodic.com

Jemaah Haji Indonesia Diingatkan Jangan Selfie Berlebihan di Depan Kabah - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengimbau jemaah haji Indonesia untuk tidak berlebihan berswafoto atau selfie di depan Kabah.

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin mengatakan selfie atau dokumentasi pribadi yang terlalu berlebihan bisa mengganggu kekhusyukan ibadah, dan jemaah lainnya.

Baca juga: Cerita Hadori, Jemaah Haji Asal Nabire Papua Lima Kali ke Taman Surga di Masjid Nabawi

“Kami mengimbau jemaah agar dalam pengambilan dokumentasi terutama dalam bentuk swafoto atau selfie di depan Ka'bah tidak dilakukan secara berlebihan. Selain mengganggu kekhusyuan ibadah juga mengganggu jemaah lainnya,” kata Fauzin dalam konferensi pers di Youtube Kemenag RI, Senin (5/6/2023).

Fauzin juga mengingatkan jemaah haji tidak melanggar larangan keras yang berlaku di area Masjidil Haram, yakni membentangkan spanduk untuk berfoto bersama, selfie di depan Ka'bah dengan benda yang menyerupai manusia, hewan seperti wayang dan sejenisnya.

Jemaah yang melanggar larangan keras tersebut berakibat pada penjatuhan hukuman dari otoritas keamanan Arab Saudi.

“Bila melanggar larangan tersebut akan berakibat hukum dari otoritas keamanan Arab Saudi,” tegas dia.

Baca juga: Layanan Jemaah Haji di Madinah dan Makkah Kini Dapat Tambahan 152 Petugas

Oleh karena itu, pemerintah terus mengingatkan jemaah fokus beribadah di Tanah Suci. Jika menemukan kesulitan, maka jemaah bisa meminta bantuan kepada petugas yang ada di lokasi.

"Fokus beribadah selama di Tanah Suci khususnya selama berada di Masjidil Haram, mengurangi aktivitas selain ibadah,” lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat