androidvodic.com

480 Jemaah Haji asal Cianjur Tiba di Tanah Air Selasa Malam - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, BEKASI - 480 jemaah Haji kloter 02 asal Cianjur Akhirnya tiba di Asrama Haji Bekasi, Debarkasi Jakarta-Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/7/2023), setelah menunaikan ibadah Haji di tanah suci.

Setelah dilakukan penerimaan dan pendataan di asrama Haji tersebut, seluruh jemaah Haji ini pun langsung dijemput oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) daerah.

Mereka kemudian diarahkan menuju bus penjemput untuk kembali ke daerah masing-masing.

Dikutip dari tayangan Kompas TV, Rabu (5/7/2023), menurut data yang didapat dari dua kloter asal Cianjur, dua jemaah meninggal di Arab Saudi.

Sedangkan satu orang jemaah lainnya belum bisa kembali ke tanah air, karena saat ini masih dirawat di rumah sakit di Makkah.

Baca juga: Anak Pejabat Cianjur Terlibat Kasus Narkoba, Komisi III: Siapapun Setara di Depan Hukum

Sebelumnya, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 Hirjiah/2023 Masehi, Subhan Cholid mengatakan bahwa proses kepulangan jemaah Haji ini berlangsung mulai 4 Juli 2023.

Jemaah diimbau untuk melakukan penimbangan koper pada dua hari sebelum waktu pulang ke tanah air.

"JemaahHaji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama akan dipulangkan ke tanah air mulai 4 Juli 2023,"kata Subhan, setelah memimpin rapat persiapan kepulangan jemaah di Daerah Kerja (Daker) Makkah, Arab Saudi, Kamis (29/6/2023).

Terkait jemaah Haji yang berangkat pada gelombang pertama dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, mereka akan pulang dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Total yang akan diberangkatkan pulang melalui Jeddah ada 263 kloter.

Sedangkan jemaah Haji gelombang kedua yang mendarat di Jeddah, termasuk 13 kloter kuota tambahan yang mendarat di Madinah, akan pulang melalui Bandara AMAA Madinah.

Pemulangan jemaah Haji dilakukan setelah mereka menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah Haji.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memutuskan untuk menambah air Zamzam yang dibagikan kepada para jemaah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat