androidvodic.com

Kisah Sayudi Prastopo Berhasil ke Arab Saudi usai Lintasi 7 Negara, Tapi Tak Bisa Ibadah Haji - News

Laporan Khalidin Umar Barat I Arab Saudi

News, MADINAH – Seorang warga asal Malang, Jawa Timur, Indonesia bernama Sayudi Prastopo berhasil ke tanah suci Arab Saudi usai melintasi tujuh negara dengan mengayuh sepeda.

Wartawan Serambi Indonesia Khalidin Umar Barat selaku petugas Media Center Haji (MCH) 2024 dari Arab Saudi Senin (20/5/2024) melaporkan saat ini, Sayudi menetap sementara di Madinah setelah lebih dulu masuk Makkah.

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini mengaku telah mengayuh sepeda sejak 16 November 2023. Dari Jakarta, ia memiliki tujuan ke Makkah.

Setelah melewati tujuh negara, tepat 7 Mei 2024, Sayudi tiba di Arab Saudi. Momen tibanya Sayudi berdekatan dengan masuknya musim haji.

Meskipun tiba jelang pelaksanaan ibadah haji, ia tak bisa melaksanakan rukun Islam kelima ini.

Sebagian jemaah haji asal Indonesia telah tiba di Madinah. Lantas, mengapa Sayudi Prastopo tidak ikut dalam rombongan haji?

Baca juga: Tukang Pijat Naik Haji, Mbah Supiyah Tunaikan Rukun Islam ke-5 Berkat Nabung dari Umur 17 Tahun

Meskipun tiba di Saudi berdekatan dengan musim haji, tetapi Sayudi tidak diperbolehkan menunaikan haji. Alasannya karena visa yang ia kantongi adalah visa turis, bukan visa haji.

Tapi, Sayudi tidak menutup diri untuk dapat melaksanakan haji. Dia mengaku jika Allah berkehendak maka semua bisa terjadi.

Sayudi hanya tidak mau melanggar aturan pemerintah terkait visa haji. “Tapi kalau memang Allah berkehendak saya nanti diperbolehkan melaksanakan ibadah haji, itu lain cerita. Sebab jika Allah berkehendak semua dapat terjadi. Hanya saya tidak mau melanggar aturan,” tutur Sayudi.

Menurutnya, mengikuti aturan tersebut juga merupakan bagian dari upaya untuk mencari keridhaan Allah.

Selain itu, Sayudi menambahkan, ibadah haji itu adalah panggilan mulia dari Allah Swt. Panggilan mulia itu jangan dirusak oleh hawa nafsu.

Baca juga: Jemaah Haji Dilarang Bawa Jimat ke Arab Saudi, Hukumannya Penjara hingga Pancung

Ia mengumpamakan, jika kita masuk rumah orang secara paksa, berarti kita sudah melanggar peraturan. Dan melanggar peraturan itu ada hukumannya.

Sayudi menceritakan, dirinya sudah berada di Tanah Suci usai berhasil masuk Arab Saudi menggunakan sepeda selama hampir delapan bulan lamanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat