androidvodic.com

482 Jemaah Haji yang Sakit, Lansia Non Mandiri dan Disabilitas Bakal Safari Wukuf di Arafah - News

Laporan Wartawan News, Anita K Wardhani dari Arab Saudi

News, MAKKAH - Skema safari wukuf akan diterapkan pada pada penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024.

Sebanyak 482 jemaah haji akan mengikuti safari wukuf.

Jumlah tersebut terdiri dari 300 orang jemaah lansia non mandiri dan disabilitas yang safari wukufnya dikoordinir Kemenag,

Sementara sisanya 182 jemaah ikut safari wukuf Kllinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Mereka adalah jemaah sakit yang selama ini dirawat.

“Untuk jemaah yang sakit di KKHI kami akan safariwukufkan," ujar Jamal, Kasie Kesehatan Daker Makkah saat diwawancara Tim Media Center Haji (MCH) di Kantor Kesehatan Haji (KKHI), Makkah, Rabu (12/6/2024).

Jemaah yang akan safari wukuf ini akan dipindahkan ke Arafah sejenak lalu akan kembali ke KKHI.

"Kalau safari wukuf InsyaAllah dari teman-teman Kemenag itu ada sekitar 300. Dari KKHI insyaAllah sekitar 182 jamaah haji sakit," ucap Jamal.

Adapun jemaah haji yang tidak bisa mengikuti safari wukuf, kata dia, nantinya akan dibadalkan oleh para petugas yang telah disiapkan oleh Kementerian Agama.

"Sedangkan bagi mereka yang memang tidak bisa safari wukuf, kita akan kooordinasi dengan teman-teman Kemenag untuk dibadalkan," ucap Jamal.

Jemaah Safari Wukuf Dipindahkan ke Hotel Transit

Di tempat terpisah Kepala Bidang Layanan Jemaah Lansia dan Disabilitas Slamet Sodali mengatakan  secara bertahap 300 jemaah haji lansia dan disabilitas non mandiri yang mengikuti safari wukuf dipindahkan  ke hotel transit.

“Kami sudah melakukan pendataan, ada 300 jemaah lansia dari 11 sektor pemondokan yang akan dipindahkan ke hotel transit untuk persiapan mengikuti safari wukuf,” ujarnya.

Proses pemindahan jemaah ke hotel transit berlangsung dua hari, Rabu (12/6/2024) hingga Kamis (13/6/2024).

“Pemindahan ke hotel transit sengaja dilakukan lebih awal agar tidak terburu-buru dan jemaah lebih nyaman. Fasilitas hotel juga kita buat senyaman mungkin seperti di rumah, konsepnya mirip apartemen," lanjut Slamet.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat