androidvodic.com

Yandri Susanto Klaim Pelaksanan Haji 1445 Hijriah Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menilai pelaksanaan haji 1445 H berlangsung lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Ia mengatakan puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar dan tidak ada tragedi penelantaran dan penumpukan jamaah di muzdalifah seperti tahun lalu.

"Alhamdulillah pelaksanaan haji tahun ini berjalanan lancar. Puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar. Jamaah bisa beribadah secara baik," kata Yandri yang merupakan mantan Ketua Komisi VIII DPR, Selasa (18/6/2024).

Yandri telah meninjau lapangan dan pemondokan Haji Jamaah Indonesia di Mekah. Menurut dia proses mobilisasi jamaah dari arafah ke muzdalifah dan mina berjalan lebih baik.

Baca juga: Saat Tunaikan Ibadah Haji, Raffi Ahmad Sempat Diadang Askar hingga Dikira Calo

"Data jamaah yang meninggal juga menurun di bandingkan tahun lalu," kata Yandri.

Sebelumnya Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan pergerakan jemaah haji Indonesia dari Muzdalifah ke Mina tahun ini berjalan lancar.

Seluruh jemaah haji Indonesia sudah berhasil diberangkatkan ke Mina hingga pukul 07.37Waktu Arab Saudi, sebelum terik matahari.

"Alhamdulillah, pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina tahun ini berjalan lancar. Pada jam 07.37 WAS, seluruh jemaah sudah diberangkatkan dari Muzdalifah menuju Mina, pagi yang cerah dan belum terlalu panas. Ini patut kita syukuri karena jemaah tidak kepanasan di Muzdalifah, seperti pada musim haji tahun lalu,” terang Hilman di Makkah, Senin (17/6/2024).

Baca juga: Dikritik karena Sibuk Ngonten saat Ibadah Haji, Raffi Ahmad Beri Penjelasan

Penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M diwarnai dengan keterlambatan pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina.

Saat itu, pemberangkatan jemaah dari Muzdalifah berlangsung hingga 13.30 WAS.

Hal ini memberi pelajaran berharga tentang pentingnya ikhtiar dalam mempercepat proses pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina.

Hilman Latief mengatakan, sukses pergerakan jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina menjadi perhatian Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Menurutnya, setidaknya ada tiga ikhtiar yang dilakukan PPIH, yaitu penerapan skema murur, penguatan koordinasi lintas pihak, serta penyiapan kesiagaan petugas haji.

“Antisipasi keterlambatan pergerakan jemaah dari Arafah dan Muzdalifah ke Mina terus kita ikhtiar. Alhamdulillah, kemarin berjalan sukses dan berhasil,” sebut Hilman.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh petugas yang disiplin melakukan tugas di pos nya masing-masing dengan segala dinamika dan situasi yang dihadapi di lokasi. Namun, tugas kita belum selesai. Semua petugas harus memastikan layanan di Mina agar sesuai dengan yang direncanakan. Ini menuntut kedisiplinan dan koordinasi petugas,” tambah Hilman.

Mobilisasi jemaah haji di Armuzna sepenuhnya menjadi kewenangan otoritas Arab Saudi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat