androidvodic.com

Pendiri WikiLeaks Julian Assange Bakal Diekstradisi ke AS, Terancam Penjara 175 Tahun - News

News -- Pendiri WikiLeaks Julian Assange bakalan diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan spionase dan kemungkinan hukuman penjara 175 tahun.

Hal ini setelah Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel pada Jumat (17/6/2022) menandatangani perintah yang setuju untuk mengirimnya ke Virginia dikutip dari The Guardian.

Julian Assange adalah pendiri sekaligus editor dan juru bicara WikiLeaks, sebuah situs media yang mempublikasikan berbagai dokumen dan informasi rahasia berbagai negara di dunia yang bertujuan untuk menciptakan pemerintahan yang lebih terbuka.

Assange dikenal sebagai seorang aktivis hacker dan progammer komputer yang dikenal dunia setelah meluncurkan WikiLeaks.

Baca juga: Tunangan Julian Assange Desak Joe Biden Bebaskan Pendiri Wikileaks

Ia banyak diburu oleh polisi internasional untuk mempertanggungjawabkan tindakannya yang telah membocorkan rahasia negara, termasuk Amerika Serikat.

Pria itu berhasil ditangkap oleh aparat Inggris pada 11 April 2019 dan di Kedutaan Ekuador di London.

Menteri Dalam Negeri telah mengesahkan perintah yang dikeluarkan oleh hakim di Pengadilan Westminster Magistrates untuk menerbangkan Julian ke Amerika di mana dia akan diserahkan ke agen federal dan diadili.

Assange, yang saat ini ditahan di Penjara Belmarsh dengan keamanan maksimum di London tenggara, memiliki waktu 14 hari untuk mengajukan banding.

WikiLeaks hari ini menyatakan 'bukan akhir' dan berjanji untuk kembali ke pengadilan untuk mencoba menahannya di Inggris, mengklaim hari ini adalah 'hari gelap bagi kebebasan pers dan demokrasi Inggris' dan menuduh Patel memilih untuk tidak 'melakukan hal yang benar'.

Jika banding apa pun ditolak dalam beberapa minggu mendatang - atau tidak berhasil sampai ke pengadilan - maka tidak akan ada lagi hambatan yang mencegahnya diterbangkan ke Amerika, kemungkinan pada bulan Juli.

Istrinya Stella Moris, yang memiliki dua anak dengan sang buronan saat dia bersembunyi di Kedutaan Besar Ekuador dan menikahinya di Belmarsh pada Maret, mengatakan Menteri Dalam Negeri telah menyetujui pengiriman Julian ke negara yang berencana “membunuhnya”.

“Kami akan menggunakan setiap jalan untuk mengajukan banding atas keputusan ini. Saya akan mendedikasikan setiap jam untuk memperjuangkan keadilan sampai dia bebas,” kata Stella.

Baca juga: Janjikan Suaka, Presiden Meksiko: Kami Akan Beri Perlindungan untuk Julian Assange

Seorang juru bicara Home Office mengatakan: 'Di bawah Undang-Undang Ekstradisi 2003, Sekretaris Negara harus menandatangani perintah ekstradisi jika tidak ada alasan untuk melarang perintah tersebut dibuat.

Permintaan ekstradisi hanya dikirim ke Menteri Dalam Negeri setelah hakim memutuskan dapat dilanjutkan setelah mempertimbangkan berbagai aspek kasus tersebut.

Stella Morris dan dua putranya dari Julian Assange
Stella Morris dan dua putranya dari Julian Assange (7News)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat