androidvodic.com

Negaranya Dukung Ukraina, Tokoh-tokoh AS Ini Malah Masuk Daftar Hitam Volodymyr Zelensky - News

News – Meskipun negaranya tergantung dengan dukungan Amerika Serikat, namun Ukraina memasukkan sejumlah warga negeri Paman Sam tersebut dalam daftar hitam negara tersebut.

Mereka masuk dalam daftar hitam politisi, pakar dan intelektual yang dituduh mempromosikan "narasi yang sesuai dengan propaganda Rusia."

Russia Today (RT) melaporkan, daftar tersebut diterbitkan awal bulan ini oleh 'Center for Countering Disinformation' (CCD), sebuah departemen Dewan Keamanan Nasional Ukraina yang dibentuk tahun lalu oleh Presiden Vladimir Zelensky.

Sejak peluncuran operasi militer Rusia di Ukraina pada bulan Februari, CCD telah menerbitkan laporan rutin yang menganalisis liputan konflik di media dunia.

Baca juga: Tentara Ukraina Tinggalkan Donetsk Dengan Ranjau Terlarang di Jalanan

Lebih dari 75 orang di seluruh dunia masuk dalam daftar hitam Ukraina, karena pernyataan-pernyataan mereka di media.

Senator AS Rand Paul, yang telah mengutuk sesama anggota parlemen karena membiayai militer Ukraina sementara ekonomi AS menderita, termasuk dalam daftar hitam, seperti ilmuwan politik John Mearsheimer, yang telah berpendapat selama bertahun-tahun bahwa ekspansi NATO ke arah timur akan memprovokasi Rusia ke dalam konflik yang akan membuat Ukraina “hancur”.

“Ketika saya masih kecil, ibu saya mengajari saya bahwa ketika orang lain tidak dapat mengalahkan argumen Anda dengan fakta dan logika, mereka menodai Anda. Itulah yang terjadi di sini,” kata Mearsheimer kepada situs berita Inggris, UnHerd.

Sejarawan Edward Luttwak, seorang pendukung kebijakan Barat mempersenjatai Ukraina, juga termasuk dalam daftar karena menyatakan bahwa Ukraina tidak dapat berharap untuk mengalahkan Rusia secara langsung dan menggulingkan Putin.

“Ini adalah fantasi untuk percaya bahwa Rusia dapat dikalahkan,” katanya kepada UnHerd. “Di Kiev mereka menafsirkan sikap ini sebagai arti saya pro-Rusia.”

CCD tidak menjelaskan apa arti pencantuman dalam daftar bagi orang-orang ini, dan tidak mengancam salah satu dari mereka dengan pembalasan.

Selain dari AS beberapa dari mereka yang ada dalam daftar – termasuk mantan kepala keamanan India – menanggapi dengan kebingungan dan ejekan.

Di antara lebih dari 75 nama dalam daftar adalah PS Raghavan, mantan Kepala Dewan Keamanan Nasional India. Raghavan, yang juga menjabat sebagai duta besar India untuk Rusia dari 2014 hingga 2016, disebutkan dalam daftar tersebut karena menunjukkan bahwa “Ukraina melawan Rusia seperti NATO melawan Rusia.”

Baca juga: Permintaan Senjata Modern Dipenuhi, Kini Ukraina Meminta Pasokan Gas ke Paman Sam

Dihubungi oleh The Wire, sebuah situs berita India, Raghavan mengatakan bahwa dia “tidak memiliki komentar untuk ditawarkan pada latihan tersebut, selain kebingungan atas penyertaan saya dalam daftar ini.”

Sam Pitroda, mantan penasihat Perdana Menteri India Rajiv Gandhi dan Manmohan Singh, juga terdaftar, karena telah menyarankan bahwa dunia “harus bernegosiasi dengan [Presiden Rusia Vladimir] Putin.” Dia mengatakan bahwa dia “bingung dan terkejut” atas penyertaannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat