androidvodic.com

Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, NUUK - Survei Geologi Denmark dan Greenland mengatakan bahwa getaran dari gempa berkekuatan 7,8 skala richter di Turki dirasakan hingga Greenland.

"Gempa bumi besar di Turki tercatat dengan jelas di seismograf di Denmark dan Greenland," kata Seismolog Tine Larsen, tentang gempa yang terjadi pada pukul 04.17 waktu setempat.

Baca juga: UPDATE Gempa di Turki dan Suriah: Jumlah Korban Meninggal Dunia Mencapai 1.800 Orang

Dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (6/2/2023), gelombang dari gempa mencapai seismograf di pulau Bornholm Denmark kira-kira lima menit setelah guncangan dimulai.

"Delapan menit setelah gempa, goncangan mencapai pantai timur Greenland, menyebar lebih jauh ke seluruh Greenland," jelas Larsen.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun telah melakukan komunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras dan menyampaikan duka cita kepada masyarakat terdampak.

Kahramanmaras merupakan provinsi yang menjadi pusat gempa.

Pemerintah negara itu pun telah mengerahkan tim SAR dari seluruh Turki.

Baca juga: 500 WNI Tinggal di Lokasi Terdampak Gempa Turki, Puluhan Orang Belum Dapat Dihubungi KBRI

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu menegaskan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat bagi masyarakat terdampak.

Jumlah korban 1.800 orang

Kantor berita Al Jazeera dan CNN melaporkan total jumlah korban meninggal dunia di dua negara tersebut menembus angka 1.800 jiwa.

Gempa tersebut, merupakan gempa terkuat yang mengguncang wilayah itu dalam lebih dari 100 tahun, tepatnya timur Nurdagi, di provinsi Gaziantep Turki, pada kedalaman 24,1 kilometer, kata Survei Geologi AS, seperti dikutip Al Jazeera.

Beberapa gempa susulan yang kuat telah dirasakan di seluruh wilayah selama berjam-jam setelah gempa pertama, termasuk gempa besar berkekuatan 7,5 SR.

Baca juga: Gempa Turki, KBRI: 3 WNI Luka-luka dan Telah Dibawa ke Rumah Sakit

Badan bencana Turki meminta bantuan dari komunitas internasional saat melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat