androidvodic.com

Israel lancarkan serangan udara ke Lebanon dan Gaza sebagai 'balasan' atas serangan roket - News

Militer Israel melancarkan serangan udara terhadap target-target milik kelompok militan Palestina Hamas di Lebanon selatan dan Jalur Gaza.

Israel mengatakan serangan itu merupakan balasan terhadap rentetan 34 roket yang ditembakkan dari Lebanon ke Israel utara pada hari Kamis (06/04), yang menurut mereka berasal dari Hamas.

Militan di Gaza menembakkan puluhan roket lagi setelah serangan dimulai.

Situasi sedang tegang menyusul penggerebekan polisi Israel di masjid al-Aqsa di Yerusalem selama dua malam berturut-turut awal pekan ini.

Penggerebekan itu memicu bentrok kekerasan dengan warga Palestina di dalam masjid al-Aqsa, yang merupakan tempat tersuci ketiga dalam agama Islam, dan memantik kemarahan di seluruh wilayah.

Hamas tidak mengatakan bahwa mereka menembakkan roket dari Lebanon, yang merupakan rentetan serangan terbesar dalam 17 tahun.

Tetapi pemimpinnya, Ismail Haniyeh, yang pada saat itu sedang mengunjungi Beirut, mengatakan orang-orang Palestina tidak akan "tinggal diam" dalam menghadapi agresi Israel.

Pada Jumat malam (07/04), dua perempuan bersaudara keturunan Inggris-Israel tewas dalam serangan penembakan di wilayah pendudukan Tepi Barat, sementara seorang turis Italia juga tewas ketika sebuah mobil menubruk kawasan pejalan kaki tepi pantai di Tel Aviv.

Sebagai tanggapan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memerintahkan polisi dan tentara untuk memobilisasi cadangan mereka untuk meningkatkan upaya kontra-terorisme.

Serangan di Lebanon terjadi di daerah selatan kota pesisir Tirus.

Pada Jumat pagi, ada dua atau tiga ledakan di sekitar kamp pengungsi Palestina Rashidieh, 5km dari kota tersebut.

Media Lebanon juga melaporkan serangan di pinggiran desa al-Qulaila, 4 km lebih jauh ke selatan. Foto-foto tampaknya menunjukkan bahwa sebuah jembatan kecil telah hancur.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengetwit bahwa pesawat tempurnya menyerang "infrastruktur teroris milik Hamas" di Lebanon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat