androidvodic.com

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-464: Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Laut Hitam Dihentikan - News

News - Kementerian Renovasi dan Infrastruktur Ukraina mengatakan kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam yang ditengahi PBB telah dihentikan lagi, Kamis (1/6/2023).

Sebab, Rusia memblokir pendaftaran kapal ke semua pelabuhan Ukraina.

Seorang Juru bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan Rusia menyampaikan kepada pejabat yang mengawasi inisiatif bahwa Moskow akan membatasi pendaftaran ke pelabuhan Pivdennyi, di provinsi Odesa Ukraina, sampai semua pihak setuju untuk membuka blokir transit amonia Rusia.

Tiga orang termasuk seorang anak tewas dan sedikitnya 11 orang terluka dalam serangan rudal dini hari di Kyiv yang menghantam gedung apartemen.

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-464, yang dikutip dari The Guardian:

3 orang tewas ketika Rusia menghantam Kyiv dengan serangan rudal

Tiga orang termasuk seorang anak tewas dan sedikitnya 11 orang terluka dalam serangan rudal dini hari di Kyiv yang menghantam gedung apartemen, dua sekolah dan klinik anak, menurut otoritas kota.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-463: Kepala Wagner Akui Warga Irak Tewas Berperang di Ukraina

Serangan itu, pada Hari Anak Internasional, dilaporkan melibatkan 10 rudal jarak pendek Iskande.

Peringatan serangan udara berbunyi hanya beberapa menit sebelum mereka menyerang.

Hampir 500 anak tewas dalam serangan militer di Ukraina sejak dimulainya invasi skala penuh Rusia pada Februari 2022.

Seorang gadis berusia sembilan tahun dan ibunya yang terbunuh dilaporkan dikunci dari tempat perlindungan serangan udara.

9 warga sipil terluka dalam penembakan di Belgorod

Setidaknya sembilan warga sipil terluka dalam penembakan di Belgorod, kata gubernur wilayah itu, dengan ratusan anak-anak, perempuan dan orang tua dievakuasi.

Video yang tidak diverifikasi menunjukkan kebakaran di sebuah gedung besar di Shebekino.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan angkatan bersenjata Ukraina telah berulang kali menembaki Shebekino dengan roket Grad 122mm rancangan Soviet.

Partisan anti-Putin Rusia mengatakan mereka bertanggung jawab atas serangan di Shebekino , serangan partisan kedua di dalam Rusia dalam waktu kurang dari dua minggu.

Ukraina berlakukan sanksi terhadap Alexander Lebedev

Ukraina telah memberlakukan sanksi terhadap Alexander Lebedev , mantan perwira intelijen KGB yang putranya Evgeny duduk di House of Lords, sehubungan dengan invasi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dewan keamanan dan pertahanan nasional di Kyiv memberlakukan sanksi terhadap Lebedev Sr Oktober lalu.

Keputusan tersebut – pertama kali dilaporkan oleh media Tortoise – muncul pada hari Kamis dan mengikuti keputusan yang ditandatangani oleh presiden Volodymyr Zelenskiy.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-462: Media Rusia Sebut 30 Drone Serang Moskow

Pandangan umum kota Belgorod Rusia, sekitar 40 km dari perbatasan dengan Ukraina, pada 27 Mei 2023. Wilayah Belgorod, yang dilanda serangan selama ofensif Kremlin di Ukraina, minggu ini menjadi tempat serangan dua hari yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Ukraina, dengan Rusia menggunakan pasukan dan artileri untuk menjatuhkannya. Olga MALTSEVA / AFP
Pandangan umum kota Belgorod Rusia, sekitar 40 km dari perbatasan dengan Ukraina, pada 27 Mei 2023. Wilayah Belgorod, yang dilanda serangan selama ofensif Kremlin di Ukraina, minggu ini menjadi tempat serangan dua hari yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Ukraina, dengan Rusia menggunakan pasukan dan artileri untuk menjatuhkannya. Olga MALTSEVA / AFP (Olga MALTSEVA / AFP)

Kantor berita AFP adakan upacara peringatan di Paris untuk Arman Soldin

Kantor berita Agence France-Presse mengadakan upacara peringatan di kantor pusatnya di Paris untuk jurnalis Arman Soldin, yang terbunuh bulan lalu di Ukraina.

Direktur berita global AFP, Phil Chetwynd, mengonfirmasi bahwa wartawan akan secara bertahap kembali ke garis depan pelaporan di Ukraina minggu depan.

Wacana membatasi akses Rusia ke Kepulauan Faroe

Akses Rusia ke pelabuhan Atlantik utara Kepulauan Faroe akan dibatasi secara eksklusif untuk penangkapan ikan, sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Pemerintah Faroe sedang berusaha mengurangi aktivitas Rusia di pelabuhannya karena risiko spionase dan setelah kritik atas pembaruan perjanjian perikanan bilateral pada akhir November.

Kesepakatan biji-bijian Laut Hitam kembali dihentikan

Kementerian renovasi dan infrastruktur Ukraina mengatakan pada hari Kamis bahwa kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam yang ditengahi PBB telah dihentikan lagi karena Rusia telah memblokir pendaftaran kapal ke semua pelabuhan Ukraina. Seorang juru bicara PBB mengatakan Rusia telah memberi tahu pejabat yang mengawasi inisiatif bahwa Moskow akan membatasi pendaftaran ke pelabuhan Pivdennyi, di provinsi Odesa Ukraina, sampai semua pihak setuju untuk membuka blokir transit amonia Rusia.

Taiwan sumbang bantuan proyek rekonstruksi untuk Ukraina

Taiwan telah menyumbangkan lebih dari £4 juta untuk proyek rekonstruksi yang dipimpin Lituania di Ukraina, kata badan investasi pemerintah Lituania pada hari Rabu.

Dana tersebut akan digunakan untuk membangun kembali sekolah di Borodianka dan pembibitan di Irpin, kata Badan Manajemen Proyek Pusat.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-461: Pertahanan Udara Ukraina Tembak Jatuh 11 Rudal Rusia

Masa depan Ukraina dalam NATO

Zelenskiy mengatakan Kyiv ingin menerima keputusan "jelas" tentang masa depannya dalam aliansi militer NATO ketika para pemimpin blok itu bertemu untuk pertemuan puncak di Vilnius, Lituania, bulan depan.

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat