androidvodic.com

Populer Internasional: KTT NATO 2023 - Kecelakaan Helikopter di Gunung Everest Nepal, 6 Orang Tewas - News

TRIBUNNWEWS.COM - Rangkuman berita populer Tribunnews di kanal Internasional dapat disimak di sini.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO digelar 11-12 Juli 2023 di Lithuania, membahas perang di Ukraina dan juga hubungan kerja sama dengan Asia-Pasifik.

Hanya sehari sebelum KTT tersebut, Presiden Turki akhirnya menyetujui bergabungnya Swedia dengan NATO.

Menganai perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung, media independen Rusia menyebut 50.000 pria tewas dalam pertempuran.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita populer internaisonal dalam 24 jam terakhir.

1. KTT NATO 11-12 Juli 2023, Bahas Perang di Ukraina dan Hubungan Kerja Sama dengan Asia-Pasifik

Baca juga: Jelang KTT NATO, Rusia Serang Ibu Kota Ukraina Pakai Drone Peledak

Para pemimpin NATO akan berkumpul selama dua hari mulai Selasa (11/7/2023) untuk membahas dukungan bagi Ukraina, Kyodo News melaporkan.

KTT NATO 2023 digelar di ibu kota Lituania, Vilnius.

Selain membahas situasi perang di Ukraina, anggota NATO juga akan membahas upaya memperluas aliansinya ke negara-negara Nordik dan memajukan kerja sama dengan mitra Asia-Pasifik.

Saat perang yang diluncurkan oleh Rusia sudah berlangsung lebih dari 500 hari, anggota NATO terus menyediakan peralatan militer yang dibutuhkan untuk Ukraina.

Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan ini adalah momen yang menentukan untuk menunjukkan kekuatan aliansi transatlantik beranggotakan 31 negara itu dan menghadirkan persatuan ke depan.

Sebagai bagian dari upaya untuk menunjukkan bahwa "agresi Rusia tidak akan membuahkan hasil," kepala NATO mengatakan para pemimpin akan berbicara tentang cara untuk membuat Ukraina lebih kuat dan membuat peta jalan untuk masa depannya.

Tujuan KTT di antaranya adalah agar NATO menyetujui revisi besar pertama dari rencana pertahanan sejak Perang Dingin, memperdalam hubungan politiknya dengan Ukraina dengan membentuk dewan konsultatif dan memastikan penegasan kembali bahwa para pemimpin kelompok itu akan mendukung Ukraina untuk bergabung dalam waktu dekat.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat