androidvodic.com

Republik Ceko Gelontorkan Rp101,1 Triliun Beli 24 Pesawat Jet Tempur F-35 Buatan AS - News

News - Republik Ceko gelontorkan 6,5 miliar dolar Amerika atau Rp 101,1 triliun untuk membeli 24 pesawat jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS).

Perdana Menteri (PM) Ceko, Petr Fiala mengatakan kepada wartawan bahwa pesawat tempur siluman supersonik pertama akan tiba pada tahun 2031 mendatang.

“F-35 pertama akan siap pada tahun 2029 dan pilot kami akan mulai berlatih bersama mereka di Amerika pada saat itu,” kata Fiala.

Fiala menegaskan, bahwa F-35 akan menentukan masa depan angkatan udara taktis Republik Ceko selama puluhan tahun mendatang.

“Untuk pertahanan kami, penting untuk meningkatkan hubungan Republik Ceko dengan sekutu NATO,” katanya.

Dilansir Al Jazeera, berkat kesepakatan pembelian ini, Republik Ceko akan memiliki 24 pesawat jet F-35 siap digunakan pada tahun 2035.

Baca juga: Puing-puing Ditemukan di Tengah Proses Pencarian Jet Tempur F-35 yang Hilang di South Carolina

"Dengan mengakuisisi F-35, kami memberi tahu sekutu bahwa kami menganggap serius pertahanan negara kami dan mereka dapat mengandalkan kami”, katanya dalam sebuah pernyataan di media sosial.

“Jika membandingkan kemampuan pesawat dan masa pakainya dengan harganya, tidak ada solusi yang lebih baik untuk memenuhi tugas angkatan udara taktis Angkatan Darat Republik Ceko selama beberapa dekade mendatang,” tambahnya.

Kesepakatan AS-Republik Ceko

Republik Ceko memang berencana mengganti 14 jet tempur JAS-39 Gripen sewaan dari Swedia yang saat ini digunakan oleh tentaranya.

Lalu, Juni 2023 kemarin, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan jet F-35, amunisi dan peralatan terkait ke Republik Ceko.

Menteri Pertahanan, Jana Cernochova mengatakan, selain beli jet tempur F-35, RepubliK Ceko juga membayar untuk biaya pesawat, pelatihan pilot, amunisi, bahan bakar, dan renovasi pangkalan angkatan udara Caslav.

Sebuah F-35 Lightning II melesat melintasi langit saat melakukan manuver menuju landasan pacu Pangkalan Angkatan Udara Eglin.
Sebuah F-35 Lightning II melesat melintasi langit saat melakukan manuver menuju landasan pacu Pangkalan Angkatan Udara Eglin. (Foto Angkatan Udara AS/Samuel King Jr.)

Baca juga: Jet Tempur Siluman F-35 Korps Marinir AS Nyelonong dan Hilang Saat Insiden di Tengah Penerbangan

Keunggulan Jet Tempur F-35

Pesawat jet tempur F-35 diproduksi oleh Lockheed Martin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat