androidvodic.com

Inggris Tuding Rusia Siapkan Ranjau Untuk Hancurkan Kapal Dagang Ukraina di Laut Hitam - News

News -- Rusia dituding telah menyiapkan ranjau di laut dekat pelabuhan Laut Hitam untuk menyabotase kapal tanker yang memuat gandum Ukraina.

Inggris menyebutkan, Rusia secara diam-diam ingin menghancurkan kapal dagang Ukraina dan tak ingin menggunakan rudal untuk menyerang secara langsung.

Dengan hancurnya kapal dagang tersebut, seperti dikutip The Guardian, Rusia berusaha menghindari tanggungjawab dan menyalahkan Ukraina.

Baca juga: NATO Semaput, Inggris Ngos-ngosan, AS Kehabisan Uang, Ukraina Terancam Sendirian Lawan Rusia

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan pihaknya akan mengumumkannya kepada publik untuk menghalangi Moskow melaksanakan rencana tersebut.

James Cleverly, Menteri Luar Negeri Inggris, menuduh Rusia melakukan “penargetan berbahaya” terhadap pelayaran sipil: “Dunia sedang menyaksikan – dan kita melihat upaya sinis Rusia untuk menyalahkan Ukraina atas serangan mereka.”

Kapal dagang yang membawa biji-bijian Ukraina untuk diekspor telah berada di bawah ancaman sejak bulan Juli, ketika Rusia menarik diri dari inisiatif selama setahun yang dirancang untuk menjaga ekspor pangan meskipun terjadi perang antara kedua negara.

Kyiv menciptakan koridor kemanusiaan alternatif pada bulan Agustus, di mana kapal-kapal melakukan perjalanan di dalam wilayah perairan Turki, Bulgaria dan Rumania, sebelum melewati dekat Ukraina, di mana mereka berisiko terkena serangan Rusia. Sejumlah kapal telah menggunakan rute tersebut, namun masalah keselamatan tetap ada.

Para ahli mengatakan Rusia memiliki kemampuan untuk memasang ranjau laut di dekat pelabuhan Laut Hitam seperti Odesa dan Chornomorsk dengan menggunakan tiga kapal selam kelas Kilo, yang masing-masing mampu membawa 24 ranjau.

Ketakutan akan penambangan mungkin cukup untuk menghalangi kapal-kapal membawa biji-bijian Ukraina ke pasar-pasar utama di Timur Tengah, Afrika Timur, dan sekitarnya.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-589: AS Kirim Ribuan Amunisi Hasil Sitaan Iran untuk Ukraina

Inggris mengatakan pihaknya ingin bekerja sama dengan Ukraina dan negara lain untuk meningkatkan keselamatan pelayaran dagang, menggunakan kemampuan intelijen dan pengawasan, meskipun Inggris mengakui ancaman dari Rusia masih “pada tingkat tertinggi”.

Bulan lalu, Inggris mengatakan Rusia, pada bulan Agustus, menembakkan dua rudal jelajah Kalibr ke sebuah kapal tanker berbendera Libya di Odesa. Namun keduanya berhasil ditembak jatuh oleh Ukraina, yang menjadi alasan lain mengapa Moskow mempertimbangkan perubahan taktik.

Rusia telah banyak menargetkan pelabuhan dan gudang biji-bijian Ukraina sejak bulan Juli, dan telah menghancurkan sekitar 300.000 ton biji-bijian dalam proses tersebut, menurut Kementerian Luar Negeri Inggris “untuk memberi makan lebih dari 1,3 juta orang selama setahun”.

Sebelum dimulainya perang, Ukraina menyumbang 8-10 persen ekspor gandum dunia dan 10-12% ekspor jagung dan jelai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat