androidvodic.com

Tak Lagi Pakai Simulator, Para Pilot F-16 Ukraina Kini Sudah Berlatih di Kokpit Jet Tempur Sungguhan - News

Tak Lagi Pakai Simulator, Para Pilot F-16 Ukraina Kini Sudah Berlatih di Kokpit Jet Tempur Sungguhan

News - Para Pilot F-16 Ukraina mengalami kemajuan dalam proses latihan mengudarakan jet tempur buatan Amerika Serikat (AS) tersebut.

Pelatihan para pilot ini merupakan bagian dari Standard Operational Procedure (SOP) yang diajukan AS ke Ukraina dalam proses pemberian bantuan pesawat F-16 ini ke angkatan udara Kiev.

Setelah beberapa waktu pelatihan, pilot-pilot itu kini sedang dalam proses beralih dari penggunaan simulator penerbangan ke pelatihan pesawat tempur sungguhan.

Baca juga: Tentara Rusia Mentok di Avdiivka, Ukraina: 50 Tank Moskow Hangus dalam Sehari, 900 Prajurit Tewas

Tahap ini menjadi satu langkah perkembangan lain yang memungkinkan jet tempur buatan AS digunakan melawan angkatan udara Rusia.

“Kami mengantisipasi bahwa kelompok awal pilot F-16, yang saat ini menjalani pelatihan simulator penerbangan, akan segera beralih ke kokpit pesawat pelatihan dan tempur,” kata juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yuriy Ihnat pada Minggu (22/10/2023), menurut terjemahan The New Voice of Ukraine.

“Kami saat ini sedang dalam proses transisi ke pesawat tempur,” tambahnya, menurut outlet tersebut.

“Penerbangan akan dilakukan dengan seorang instruktur dan akan diakhiri dengan uji coba independen setelah pelatihan ini,” katanya.

Pelatihan pilot Ukraina mengudarakan jet tempur yang banyak dicari tersebut dimulai pada akhir Agustus, menurut laporan Reuters.

Proses ini telah membuat para pilot melakukan perjalanan ke negara-negara seperti Amerika Serikat dan Denmark.

Adapun Militer Ukraina telah meminta F-16 sejak hari-hari awal invasi besar-besaran Rusia – sebuah permintaan yang terjawab pada musim panas ini.

Baca juga: Eks-PM Israel Ngamuk di Siaran TV, Anggota DPR-nya Ancam Rusia: Moskow Akan Membayarnya

Pesawat tempur F-16 TNI AU. Pilot F-16 TNI AU dan United States Air Force Air Force (USAF) beradu taktik tempur udara dalam latihan bersama (Latma) TNI AU - United States Air Force Air Force (USAF) Cope West 2023 di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.
ILUSTRASI Pesawat tempur F-16 (Dispenau)

Upgrade Signifikan AU Ukraina

Sejauh ini, hangar-hangar Ukraian hanya dipenuhi oleh jet-jet peninggalan Soviet.

Pemberian F-16 oleh AS, meski harus melalui proses berliku, jelas menjadi upgrade signifikan bagi angkatan udara Kiev.

"Pesawat ini bukanlah solusi terbaik dalam konflik tersebut, namun ini merupakan peningkatan penting terhadap stok jet era Soviet di Ukraina," tulis analisis Chris Panella dari Insider.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat