androidvodic.com

Tersangka penipuan tiket konser Coldplay resmi ditahan polisi, korban: 'Saya enggak bakal percaya calo lagi' - News

Kepolisian resmi menahan tersangka penipuan dan penggelapan tiket konser Coldplay berinisial GDA, 19 tahun.

Dalam keterangan kepada pers, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan GDA ditetapkan sebagai tersangka sekaligus ditahan sejak Jumat (17/11). Polisi telah memeriksa tujuh orang saksi dalam kasus ini.

GDA dijerat Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) tentan gpasal penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman masing-masing empat tahun penjara.

"Kami menerima enam laporan polisi terkait penipuan dan penggelapan tiket konser Coldplay dengan total Rp5,1 miliar atau sebanyak 2.268 tiket," kata Susatyo, seperti dikutip dari saluran YouTube Polres Metro Jakarta Pusat, Senin (20/11).

Enam laporan yang masuk ke kepolisian berasal dari VS yang mengalami kerugian Rp1,35 miliar (700 tiket), lalu AS dengan kerugian Rp1,3 miliar (600 tiket) dan MF dengan nilai kerugian Rp1,3 miliar (500 tiket).

Laporan yang masuk juga berasal dari SG dengan kerugian Rp73 juta (58 tiket), AR sebesar Rp1,3 miliar (400 tiket) dan CL dengan kerugian Rp230 juta.

"Ada pun kronologinya, bahwa tanggal 13 November 2023, salah satu pelapor membawa saudara GDA ke Polres Metro Jakarta Pusat. Pada saat itu kami masih melakukan mediasi antara pelapor dan terlapor. Sampai kemudian, pelapor membuat laporan polisi," tambah Susatyo.

Bagaimana modus GDA?

GDA mengaku sebagai pemburu tiket konser Coldplay. Ia kemudian menawarkan tiket-tiket tersebut kepada jaringan temannya yang menjadi calo.

"Dalihnya tiket tersebut adalah tiket yang dijanjikan akan dapat menjelang pelaksanaan konser Coldplay," kata Susatyo.

Ia menambahkan, tersangka GDA mengaku mengenal promotor konser tersebut. "Padahal sampai Mei dengan November tidak ada komunikasi apapun dengan pihak perantara tiket atau sebagainya," katanya.

Ia menambahkan, motif GDA adalah mengambil keuntungan Rp250 ribu dari setiap tiket yang dijual.

Dalam keterangan di hadapan polisi, GDA mengakui kesalahannya. "Dan saya akan mengikuti proses hukum. Dan proses ini sudah saya serahkan ke pihak kepolisian," katanya.

'Kesal karena merusak kesempatan saya nonton konser pertama Coldplay'

Fikri Faizah mengaku masih jengkel kalau mengingat kejadian malam itu, Rabu (15/08).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat