androidvodic.com

IDF Klaim Temukan Cara Taklukkan Terowongan Hamas, Eks-Agen Shin Bet: Permainan akan Berbeda - News

IDF Klaim Temukan Cara Taklukkan Terowongan Hamas, Eks-Agen Shin Bet: Kali Ini Permainan akan Berbeda

News - Setelah menginvasi selama sekitar 50 hari, tentara Israel (IDF) secara menyeluruh membombardir Gaza Utara dan menyisirnya melalui operasi darat.

Pun, agresi militer ini sempat terhalang gencatan senjata bertajuk jeda kemanusiaan dengan balutan pertukaran tahanan Palestina oleh Israel dan tawanan perang Israel oleh milisi pembebasan Palestina, Hamas.

Jumat (1/12/2023), gencatan senjata berakhir yang ditandai oleh mulainya bombardemen serangan udara IDF ke Gaza Selatan.

Baca juga: Ungkap Kelemahan Besar Israel, Mayor Jenderal IDF: Pasukan Radwan Hizbullah Bisa Acak-acak Haifa

Terowongan Senjata Rahasia Hamas

Sejauh ini, terowongan terbukti menjadi satu di antara senjata rahasia Hamas dalam menghadapi keperkasaan militer Israel.

Taktik hit and run beserta sejumlah inovasi dalam model pertempuran kota yang dilakukan Hamas, terbukti membuat milisi pembebasan Palestina itu tetap aktif dalam perlawanan mereka terhadap IDF selama 50 hari pra-gencatan senjata.

Baca juga: Taktik Baru Gerilya Hamas Lawan IDF, Pancing Tentara Israel Pakai Speaker Lalu Hujani Tembakan

Infrastruktur bawah tanah ini disebut-sebut memiliki ruang komando dan tempat pelatihan, bunker, dan ruang pertemuan dan terhubung ke sistem ventilasi canggih serta pasokan air dan listrik yang stabil.

IDF setengah mati berupaya menemukan infrastruktur Hamas ini.

Lokasi-lokasi penting, termasuk parlemen Gaza dan markas besar pengadilan dan polisi, telah dikuasai oleh IDF. Rumah sakit utama dan terbesar di kota Gaza – RS Al-Shifaa – juga telah diambil alih.

Israel yakin kompleks medis tersebut memiliki sistem terowongan yang canggih, dengan ruang berkumpul dan bunker, tempat beberapa sandera mungkin ditahan.

Rumah Sakit Al-Shifaa hanyalah satu di antara elemen dari teka-teki senjata rahasia Hamas tersebut, menurut intelijen Israel.

Namun, sejauh ini, dugaan-dugaan itu banyak dibuktikan tidak akurat.

Baca juga: Eks-Analis Militer AS: Israel Mustahil Musnahkan Hamas, Tentara IDF Cuma Bocah, Terowongan 3 Tingkat

Paling mencolok adalah bagaimana Israel tetap berniat melanjutkan perang dan meluaskan invasi ke Selatan, hal yang menunjukkan kalau Hamas memang tidak berada di lokasi-lokasi yang IDF curigai sebelumnya. 

Berdasarkan laporan, kota ini memiliki sekitar 1.300 terowongan yang panjang keseluruhannya mencapai 500 kilometer – seratus kilometer lebih panjang dari sistem metro (subway) London.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat