androidvodic.com

Bagaimana Siprus Bisa Terbawa-bawa di Perang Hizbullah-Israel - News

News -- Hizbullah tiba-tiba mengancam akan menyerang negara Siprus. Pimpinan milisi Syiah tersebut Hassan Nasrallah menyebut negara di Mediterania timur tersebut ingin menjadi bagian perang Hizbullah-Israel.

“Membuka bandara dan pangkalan di Siprus bagi musuh Israel untuk menargetkan Lebanon berarti pemerintah Siprus adalah bagian dari perang, dan kelompok perlawanan akan memperlakukannya sebagai bagian dari perang,” ancam Nasrallah pada Rabu (19/6/2024).

Ini merupakan ucapan pertama pemimpinan Hizbullah mengenai negara pulau kecil Eropa yang letaknya sangat dekat dengan Lebanon.

Baca juga: Drone Hizbullah Merekam Video yang Menggambarkan Beberapa Sasaran Sensitif di Wilayah Haifa Israel

Meski baru pertama disebut namun pernyataan tersebut bisa membuat kaget sejumlah kalangan.

Ucapan Nasrallah kemungkinan besar akan menimbulkan kejutan tidak hanya di Siprus, negara kepulauan yang terbagi secara etnis, namun juga di Yunani, sekutu dekat Nikosia dan Israel.

“Ini adalah ancaman militer yang belum pernah terjadi sebelumnya,” Gabriel Haritos, pakar hubungan Siprus-Israel di Hellenic Foundation for European and Foreign Policy (Eliamep) yang berbasis di Yerusalem, mengatakan kepada Middle East Eye.

“Hizbullah sama sekali tidak jauh. Jika mereka bisa menargetkan pinggiran Tel Aviv maka mereka bisa menyerang Siprus. Itu bukan sesuatu yang bisa dikesampingkan,” kata Haritos dikutip dari middleeasteye.net.

Ancaman ini terucap ketika Menteri Luar Negeri Siprus, Constantinos Kombos, mengakhiri pertemuan pada hari Senin di Washington dengan timpalannya Antony Blinken.

“Siprus adalah pemain penting di kawasan ini, dan merupakan kemitraan bagi Amerika Serikat yang sangat kami hargai,” kata Blinken.

Sejak 7 Oktober, Siprus telah menjadi pusat pasukan khusus AS. Operator Perang Khusus Angkatan Laut AS melakukan pelatihan bersama dengan rekan-rekan Siprus tahun ini.

Baca juga: Iran Turun Tangan, Israel Tebar Intrik di Internal Hizbullah, Mossad Lacak Nasrallah Real Time

Siprus juga secara aktif menjadikan dirinya sebagai tempat pengiriman bantuan ke Gaza dan Pelabuhan Larnaca telah menjadi titik masuk pertama bagi bantuan yang menuju dermaga yang dibangun AS di Gaza.

Ancaman Nasrallah ke Siprus ini menunjukkan bahwa Hizbullah telah memperhatikan dengan penuh keprihatinan hubungan mendalam antara Israel dan AS dengan negara kepulauan Mediterania Timur yang terletak hanya 260 km di lepas pantai Lebanon.

“Hizbullah jelas frustrasi karena Siprus telah menandatangani pakta kerja sama strategis dengan Amerika,” Constantinos Filis, direktur Institute of Global Affairs di Athena, mengatakan kepada MEE.

Dalam dekade terakhir, Israel semakin dekat dengan Siprus dan Yunani. Yang pertama terpecah antara pemerintahan Yunani yang diakui secara internasional di selatan dan pemerintahan Turki-Siprus di utara yang hanya diakui oleh Ankara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat