androidvodic.com

Habiskan Rp 915 T di Gaza Lawan Hamas, Israel Malah Bikin Brigade Jenin Makin Galak di Tepi Barat - News

Habiskan Rp 915 Trilun di Perang Gaza Lawan Hamas, Israel Malah Bangkitkan Perlawanan Brigade Jenin di Tepi Barat

News - Israel dilaporkan menghabiskan dana perang ratusan triliun dalam upayanya memberangus milisi pembebasan Palestina, Hamas, lewat bombardemen tanpa pandang bulu di Jalur Gaza.

Menariknya, dana luar biasa besar untuk menghancurkan Gaza itu justru memantik perlawanan di wilayah lain Palestina, Jenin, Tepi Barat.

Perlawanan Hamas, serta kelompok milisi lainnya di Gaza, dilaporkan justru membangkitkan semangat perjuangan yang sama di wilayah pendudukan lain Israel.

Baca juga: Israel Nyaris Sepenuhnya Tarik Mundur Pasukan dari Gaza Utara,  Al-Qassam Kepung IDF di Bani Suhaila

Terbaru, Brigade Jenin mengaku bertanggung jawab atas pemboman kendaraan militer Israel di kota Jenin di wilayah utara Tepi Barat.

Serangan sayap militer Gerakan Jihad Islam itu dilaporkan menewaskan seorang tentara Israel dan melukai tiga lainnya.

Dalam video yang dibagikan di media sosial Minggu (7/1/2024), anggota brigade Jenin tampak meledakkan alat peledak di sebuah jip militer Israel, saat pasukan Israel menyerbu kota tersebut.

Adegan tersebut memperlihatkan jip militer tersebut hancur dan berserakan akibat ledakan tersebut.

Seperti diketahui, eskalasi kekerasan di Tepi Barat dari tentara dan pemukim Israel meningkat ke warga Palestina di Tepi Barat.

Hal itu seiring bombardemen tanpa pandang bulu yang sedang berlangsung di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Agresi militer Israel di Gaza sejauh ini dilaporkan telah menewaskan 22.722 warga Palestina dan melukai 58.166 lainnya, 70 persen di antaranya adalah perempuan dan anak-anak.

Gambar selebaran yang dirilis tentara Israel pada 3 Januari 2024 ini menunjukkan tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.
Gambar selebaran yang dirilis tentara Israel pada 3 Januari 2024 ini menunjukkan tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (Tentara Israel / AFP)

Ironi Dana Perang Ratusan Triliun

Sementara itu, surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth mengulas ketidakseimbangan antara dana perang yang sudah dikeluarkan Israel dengan target dan tujuan yang sudah mereka capai sejauh ini.

"Tentara pendudukan Israel “gagal mencapai tujuan perang di Jalur Gaza meskipun… biaya yang dikeluarkan mencapai rekor hampir $60 miliar,” ulas laporan Yedioth Ahronoth.

Dalam sebuah laporan  berjudul 'Perang yang paling memakan biaya dan tujuan-tujuan Israel belum tercapai: sebuah cuplikan setelah 3 bulan”, surat kabar tersebut melaporkan: “Menurut angka-angka yang diperbarui, biaya perang telah meningkat menjadi sekitar 217 miliar shekel ($59,35 miliar atau sekitar Rp 915 Triliun), dan biayanya mencakup anggaran tempur tentara dan bantuan besar-besaran terhadap perekonomian di semua bidang.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat