androidvodic.com

Irak Kecam Serangan AS di Perbatasan Irak-Suriah: Ini Langgar Kedaulatan - News

News - Juru bicara militer Irak, Yahya Rasoul, mengecam serangan balasan Amerika Serikat terhadap militan pro-Iran di wilayahnya pada Jumat (2/2/2024) sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Ia membenarkan telah terjadi serangan udara pimpinan AS di wilayah Al-Qaim di perbatasan dengan Suriah dan di wilayah perbatasan Irak lainnya.

“Kota-kota Al-Qaim dan daerah perbatasan Irak menjadi sasaran serangan udara oleh pesawat AS, karena serangan ini terjadi pada saat Irak sedang berusaha untuk menjamin stabilitas kawasan," katanya, seperti diberitakan Iraqi News Agency (INA), Sabtu (3/2/2024).

Yahya Rasoul menyebut serangan itu adalah pelanggaran terhadap kedaulatan Irak.

“Serangan ini merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Irak, melemahkan upaya pemerintah Irak, dan merupakan ancaman yang akan menyeret Irak dan wilayah tersebut ke dalam konsekuensi yang tidak diinginkan," tambahnya.

Yahya Rasoul mengungkapkan ketakutannya akan konsekuensi berat terhadap keamanan dan stabilitas Irak setelah serangan itu.

"Konsekuensinya akan sangat buruk bagi keamanan dan stabilitas di Irak dan wilayah tersebut," lanjutnya.

Ia menolak wilayah Irak dijadikan medan pertempuran AS untuk menyelesaikan masalahnya.

"Kami akan mencegah penggunaan wilayah Irak sebagai arena reakdi dan serangan," tambah Yahya Rasoul.

Juru bicara itu menyerukan ketenangan dan menghindari eskalasi dalam segala bentuk.

Ia menekankan pemerintah Irak akan melakukan penyelidikan, prosedur dan komunikasi yang diperlukan di berbagai tingkatan untuk mencegah pelanggaran tersebut.

Baca juga: 18 Militan Pro-Iran Tewas usai Serangan Balasan AS Hantam Pangkalan di Suriah dan Irak

AS: Pemerintah Irak Telah Diberitahu Sebelumnya

Gedung Putih mengatakan AS memberi tahu pemerintah Irak sebelum melancarkan serangan udara terhadap tiga lokasi milik faksi di dalam wilayahnya.

Pernyataan itu hanya beberapa menit setelah tentara Irak mengecam serangan tersebut yang digambarkan sebagai pelanggaran kedaulatan Irak.

"Kami telah memberi tahu pemerintah Irak sebelum melancarkan serangan,” kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, kepada wartawan.

AS Serang Militan Pro-Iran di Suriah dan Irak

AS melaporkan pesawat tempurnya telah menyerang 85 sasaran milik militan pro-Iran di tujuh lokasi di Suriah dan Irak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat