androidvodic.com

Israel Klaim Hamas Bangun Terowongan di Bawah Markas UNRWA Gaza, Tuduh untuk Eksploitasi Bantuan PBB - News

News - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim menemukan terowongan yang disebutnya dibangun oleh Hamas di bawah markas badan kemanusiaan PBB, UNRWA, di Gaza.

Dikutip dari Al-Arabiya, IDF menuduh dibangunnya terowongan tersebut untuk eksploitasi bantuan kemanusiaan PBB untuk warga Palestina oleh Hamas.

Dalam sebuah tur yang dilakukan IDF, mereka mengawal reporter untuk melihat terowongan yang diklaim sebagai milik Hamas tersebut.

Terowongan itu terbentang dari sebuah bangunan sekolah hingga di bawah kantor UNRWA di Gaza Utara.

Seorang prajurit IDF menjelaskan bahwa dalam terowongan itu ada pusat listrik untuk menunjuang aktivitas di dalamnya seperti melakukan komando oleh Hamas.

"Ini adalah salah satu pusat komando intelijen. Ini adalah salah satu unit intelijen Hamas, di mana mereka memberikan komando untuk banyak pertempuran," kata seorang prajurit IDF kepada wartawan.

IDF menyebut terowongan ini memiliki panjang 700 meter dan berada 18 meter di bawah permukaan tanah.

Selain ruang komando, IDF mengungkapkan terowongan itu juga terdiri dari ruang server komputer dan ruang perangkat elektronik.

Baca juga: Houthi akan Ngamuk di Laut Merah Jika Israel Serbu Rafah di Jalur Gaza Selatan

Mereka juga mengklaim ruang komando tersebut dibangun dengan lapisan baja untuk menghindari serangan dari luar.

Salah satu pimpinan IDF, Letnan Kolonel Ido mengklaim Hamas telah mengevakuasi dan memotong kabel komunikasi dalam terowongan tersebut saat pasukannya berhasil masuk.

Saat melanjutkan tur tersebut, Ido lantas menunjukan jalur yang diklaim olehnya menuju teras dari markas UNRWA.

Dia menuding markas UNRWA itu telah dilubangi milisi Hamas agar dapat bekerja sama dengan badan kemanusiaan PBB tersebut.

"Kami tahu mereka (Hamas) punya orang-orang yang bekerja di UNRWA. Kami ingin setiap organisasi internasional bekerja di Gaza. Itu tidak menjadi masalah. Masalah kami adalah Hamas," kata Ido kepada wartawan yang hadir.

Jurnalis Sulit Verifikasi Klaim Israel, Terkendala Sinyal Dalam Terowongan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat