androidvodic.com

Serangan di Rafah Bukti Baru Israel Telah Melanggar Hukum Internasional, Bom Ciptakan Cekungan Besar - News

Serangan di Rafah, Bukti Baru Israel Telah Melanggar Hukum Internasional, Kata Amnesty International

News- Ada beberapa bukti baru menunjukkan Israel telah melanggar Hukum Internasional dalam Serangan tidak sah di Rafah.

Bukti baru serangan Israel yang melanggar hukum di Gaza menyebabkan banyak korban sipil di tengah risiko genosida yang nyata.

Bukti-bukti baru tersebut diungkapkan secara detail dalam laporan di situs Amnesty International. Serangan baru-baru ini membuat tenda-tenda pengungsi rusak, dan membentuk cekungan tanah berukuran besar. 

Setidaknya 95 warga sipil, hampir setengah dari mereka adalah anak-anak tewas dalam empat serangan tidak sah di Rafah.

Serangan terjadi di wilayah selatan yang seharusnya daerah yang “aman”.

Keempat serangan tersebut kemungkinan besar merupakan serangan langsung terhadap warga sipil dan objek sipil dan harus diselidiki sebagai kejahatan perang.

Bukti baru mengenai serangan mematikan yang melanggar hukum di Jalur Gaza, yang dikumpulkan oleh Amnesty International, menunjukkan bagaimana pasukan Israel terus melanggar hukum kemanusiaan internasional, melenyapkan seluruh keluarga tanpa mendapat hukuman total.

Baca juga: 153 Negara Termasuk Australia & Jepang Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Prihatin Serangan ke Rafah

Organisasi tersebut melakukan penyelidikan terhadap empat serangan Israel, tiga pada bulan Desember 2023, setelah jeda kemanusiaan berakhir, dan satu lagi pada bulan Januari 2024, yang menewaskan sedikitnya 95 warga sipil, termasuk 42 anak-anak, di Rafah, provinsi paling selatan Gaza pada saat serangan tersebut terjadi.

Rafah seharusnya merupakan daerah “paling aman” di wilayah tersebut, namun di mana pasukan Israel saat ini bersiap untuk melakukan operasi darat.

Operasi semacam ini kemungkinan besar akan menimbulkan dampak buruk bagi lebih dari satu juta orang yang tinggal di wilayah seluas 63 km2 akibat gelombang pengungsian massal yang terjadi secara berturut-turut.

Dalam keempat serangan tersebut, organisasi tersebut tidak menemukan indikasi apa pun bahwa serangan terhadap bangunan tempat tinggal dapat dianggap sebagai sasaran militer yang sah atau bahwa orang-orang yang berada di dalam bangunan tersebut merupakan sasaran militer, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa serangan tersebut merupakan serangan langsung terhadap warga sipil dan objek sipil dan oleh karena itu harus dilakukan dan diselidiki sebagai kejahatan perang.

Baca juga: Jet-jet Tempur Israel Bombardir Rafah yang Penuh Pengungsi, 40 Serangan, 100 Warga Sipil Tewas

Bahkan jika pasukan Israel bermaksud untuk menargetkan sasaran militer yang sah di sekitarnya, serangan-serangan ini jelas gagal membedakan antara sasaran militer dan sasaran sipil dan oleh karena itu tidak pandang bulu.

Serangan tanpa pandang bulu yang membunuh dan melukai warga sipil adalah kejahatan perang. Bukti yang dikumpulkan oleh Amnesty International juga menunjukkan bahwa militer Israel gagal memberikan peringatan yang efektif, atau bahkan peringatan apa pun, – setidaknya kepada siapa pun yang tinggal di lokasi yang terkena serangan – sebelum melancarkan serangan.

“Seluruh keluarga terbunuh dalam serangan Israel bahkan setelah mereka mencari perlindungan di daerah yang dianggap aman dan tanpa peringatan sebelumnya dari otoritas Israel. Serangan-serangan ini menggambarkan pola yang sedang berlangsung di mana pasukan Israel dengan berani melanggar hukum internasional, bertentangan dengan klaim otoritas Israel bahwa pasukan mereka mengambil tindakan pencegahan yang lebih tinggi untuk meminimalkan kerugian terhadap warga sipil,” kata Erika Guevara-Rosas, Direktur Senior Penelitian, Advokasi, Kebijakan dan Amnesty International".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat