androidvodic.com

Pendiri WikiLeaks Julian Assange Mulai Upaya Terakhir untuk Meraih Kebebasan, Kesehatannya Menurun - News

Pendiri WikiLeaks Julian Assange Mulai Upaya Terakhir untuk Mencapai Kebebasan, Kesehatannya Memburuk

News- Sidang dua hari di Pengadilan Tinggi Inggris dimulai pada tanggal 20 Februari untuk menentukan apakah pendiri WikiLeaks Julian Assange dapat terus memperdebatkan kasusnya di Inggris.

Jika pengadilan memutuskan menolaknya, maka ini akan menandai dimulainya ekstradisinya ke AS.

Pendukung Assange berkumpul di luar pengadilan pada hari Selasa, memegang spanduk dan meneriakkan, “Bebaskan Julian!”

“Sidang ini menandai awal dari berakhirnya kasus ekstradisi, karena alasan apa pun yang ditolak oleh para hakim ini tidak dapat diajukan banding lebih lanjut di Inggris – yang membuat Assange hampir saja diekstradisi,” kata organisasi kebebasan pers Reporters Without Borders.

Jika kasusnya tidak berhasil, pengacaranya dapat mengajukan banding ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa untuk memblokir ekstradisi tersebut. Namun, banyak pendukungnya khawatir dia akan dipaksa naik pesawat ke AS sebelum hal itu terjadi.

Pada tanggal 14 Februari, anggota parlemen di parlemen federal Australia, termasuk perdana menteri negara tersebut, memberikan suara mayoritas untuk mendukung pembebasan Assange dan membawanya pulang ke Australia.

Stella Assange, seorang pengacara yang dinikahinya pada tahun 2022 saat dipenjara, mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa kesehatannya menurun, dan ekstradisi menimbulkan ancaman bagi hidupnya.

“Kami memiliki dua hari besar ke depan, kami tidak tahu apa yang diharapkan, tetapi Anda berada di sini karena dunia sedang menyaksikannya. Mereka tidak bisa lolos begitu saja. Julian butuh kebebasannya dan kita semua butuh kebenaran,” ujarnya di depan sidang, Selasa.

Assange didakwa melanggar Undang-Undang Spionase tahun 1917 dan Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer karena menyebarkan dokumen rahasia militer AS yang melibatkan Washington dalam kejahatan perang yang dilakukan di Irak dan Afghanistan, serta dakwaan lainnya.

Ia mendirikan WikiLeaks pada tahun 2006. Penerbit nirlaba ini menjadi terkenal pada tahun 2010 ketika merilis bocoran video dari dalam helikopter AS saat mereka menyerang warga sipil dan jurnalis di Irak.

Pada tahun yang sama, WikiLeaks merilis ratusan ribu dokumen AS mengenai perang di Irak dan Afghanistan, serta ribuan kabel diplomatik AS.

Assange telah menjadi simbol kebebasan pers. Banyak pihak di dunia percaya bahwa WikiLeaks mempublikasikan informasi mengenai kejahatan perang adalah demi kepentingan publik dan bahwa Assange dianiaya karena alasan politik.

“Jangan berkhayal, jika penuntutan ini berhasil, kasus-kasus penting lainnya tidak akan pernah terungkap. Bebaskan Julian Assange, dukung jurnalisme dan jaga kebebasan berpendapat,” kata Tim Dawson, wakil sekretaris jenderal Federasi Jurnalis Internasional, dari luar pengadilan pada 20 Februari.

Pendiri WikiLeaks yang diperangi saat ini ditahan di Penjara Belmarsh dengan keamanan tinggi di London.

Assange memulai upaya terakhirnya untuk mencapai kebebasan.

Pendiri WikiLeaks ditahan di penjara dengan keamanan tinggi di London dan menghadapi kondisi kesehatan yang memburuk

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat