androidvodic.com

PM Australia Diadukan ke Pengadilan ICC oleh Firma Hukum Sydney atas Keterlibatannya dalam Genosida - News

PM Australia Diadukan ke ICC oleh Firma Hukum Sydney atas Keterlibatannya dalam Genosida

News- PM Australia, Anthony Albanese diadukan ke Mahkamah Internasional ICC atas keterlibatannya dalam genosida di Gaza.

Australia telah menghentikan dukungan untuk UNRWA, mengekspor suku cadang jet ke Israel, dan mengirim kontingen militer ke lokasi yang dirahasiakan di wilayah tersebut.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menjadi pemimpin Barat pertama yang dirujuk ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Alasannya karena keterlibatannya dalam genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza pada 4 Maret.

Rujukan tersebut dilakukan oleh firma hukum Birchgrove Legal yang berbasis di Sydney atas nama kliennya. Anggota lain dari pemerintah Australia juga telah dirujuk.

Langkah ini didukung oleh lebih dari 100 pengacara dan berdasarkan Pasal 15 Statuta Roma.

Albanese dan anggota pemerintahannya telah memberikan dukungan retoris dalam pernyataan publik, konferensi pers, pidato mereka, serta bantuan materi, kata pengacara Sheryn Omeri, kepala tim Hukum Birchgrove, pada hari Senin.

Sebagai bagian dari dukungan ini, Australia telah mengekspor suku cadang jet tempur F-35 ke Israel. Mereka juga membekalinya dengan intelijen militer.

“Sudah berbulan-bulan sejak tanggal 7 Oktober 2023, dan sejak saat itu hingga sekarang, sangat sedikit upaya yang dapat dilakukan untuk mendesak Israel menahan diri dan mengecilkan hati atas apa yang diputuskan oleh Mahkamah Internasional pada tanggal 26 Januari sebagai kasus genosida yang masuk akal," tambah Omeri.

Sebuah dokumen setebal 92 halaman yang disiapkan oleh para pengacara menyoroti bagaimana Albanese dan pemerintahnya berpartisipasi dalam genosida.

Daftar tersebut mencakup pembekuan dukungan untuk UNRWA, mengizinkan warga negara Australia melakukan perjalanan untuk berpartisipasi dalam perang Israel di Gaza, dan mengirimkan kontingen militer Australia ke wilayah tersebut tanpa mengungkapkan lokasi atau peran pastinya.

Rujukan tersebut muncul ketika Israel menghadapi dua kasus di Mahkamah Internasional (ICJ), satu kasus atas kemungkinan terjadinya genosida di Jalur Gaza dan kasus lainnya karena pendudukan ilegal yang telah berlangsung selama puluhan tahun di Tepi Barat.

30.000 orang termasuk mayoritas perempuan dan anak-anak telah dibunuh oleh Israel sepanjang perang.

Beberapa hari yang lalu, Israel melanggar perintah sementara ICJ untuk menghindari tindakan genosida dengan melakukan pembantaian terhadap warga Palestina yang kelaparan yang mengantri untuk distribusi bantuan.

Negara lain yang dituduh terlibat dalam genosida adalah Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris. Dua hari yang lalu, Nikaragua merujuk Jerman ke ICJ karena “memfasilitasi dilakukannya genosida.”

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat