androidvodic.com

Astronom Deteksi Medan Magnet Kuat Berputar di Sekitar Lubang Hitam Bima Sakti - News

News - Para astronom mendeteksi medan magnet kuat yang berputar di sekitar lubang hitam di pusat Bima Sakti, demikian dikatakan European Southern Observatory, Rabu (27/3/2024).

Dilansir Al Arabiya, Event Horizon Telescope (EHT) membagikan gambar baru yang menunjukkan cahaya terpolarisasi mirip sebuah cincin medan magnet mengelilingi lubang hitam Sagitarius A*.

Sagitarius A* terletak sekitar 27.000 tahun cahaya dari Bumi (SN: 4/10/19).

“Apa yang kita lihat sekarang adalah adanya medan magnet yang kuat, terpelintir, dan terorganisir di dekat lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti,” kata Sara Issaoun, dari Pusat Astrofisika Harvard sekaligus pemimpin proyek tersebut, dikutip dari laman resmi Cfa Harvard.

Cahaya terpolarisasi juga memiliki gelombang yang bergerak ke arah yang sama, seperti atas dan bawah atau kiri dan kanan.

Memetakan cahaya semacam itu sering kali memberi para astronom wawasan tentang fenomena magnetik yang mendasarinya, Science News melaporkan.

Medan magnet yang paling dekat dengan lubang hitam relatif kuat, sekitar 30 kali medan magnet bumi. Daya tariknya masih sekuat magnet kulkas, kata Issaoun.

Meski demikian, tetap saja, memotret lubang hitam dalam cahaya terpolarisasi tidak semudah memakai kacamata hitam terpolarisasi.

Ini berlaku terutama untuk Sgr A*, yang berubah begitu cepat sehingga tidak dapat fokus dalam pengambilan gambar.

Pencitraan lubang hitam supermasif memerlukan alat canggih yang melebihi alat yang sebelumnya digunakan untuk menangkap M87*, yang merupakan target yang jauh lebih stabil.

Baca juga: Studi Baru: Bumi Bisa Ditelan oleh Lubang Hitam

Lubang hitam di pusat Bima Sakti sangat berbeda dengan yang ada di M87.

Yang terakhir ini memiliki berat sebesar 6 miliar matahari, hidup di galaksi elips raksasa, dan mengeluarkan pancaran plasma kuat yang terlihat pada semua panjang gelombang.

Sagitarius A* beratnya hanya 4 juta matahari, hidup di galaksi spiral yang lebih kecil, dan tampaknya tidak memiliki jet sama sekali.

"Mengingat perbedaan tersebut, kami berharap dapat melihat perbedaan sifat medan magnetnya,” kata Issaoun.

Astronom Deteksi Medan Magnet Kuat Berputar di Sekitar Lubang Hitam Bima Sakti
Astronom Deteksi Medan Magnet Kuat Berputar di Sekitar Lubang Hitam Bima Sakti (Tangkap Layar Twitter/X)

Lubang hitam supermasif diyakini telah muncul sangat awal di alam semesta namun penciptaannya masih menjadi misteri.

Tidak ada yang bisa lepas dari tarikan gravitasinya, bahkan cahaya pun tidak, sehingga mustahil untuk diamati secara langsung.

Namun dengan M87* pada tahun 2019 dan Sagitarius A* pada tahun 2022, EHT menangkap lingkaran cahaya yang dihasilkan oleh aliran materi dan gas yang dihisap dan dikeluarkan oleh lubang hitam.

Mariafelicia De Laurentis, wakil ilmuwan di EHT dan profesor di Universitas Naples Federico II di Italia, mengatakan bahwa “karena keduanya (lubang hitam) mengarahkan kita ke medan magnet yang kuat, hal ini menunjukkan bahwa ini mungkin merupakan fitur universal dan mungkin mendasar. dari sistem semacam ini.”

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat