androidvodic.com

Invasi Rafah Makin Dekat, Israel Tarik Batalion di Khan Yunis untuk Tambah Pasukan - News

News - Seorang juru bicara militer Israel mengatakan tentara Israel menarik semua pasukan daratnya dari Khan Yunis di Jalur Gaza selatan, kecuali satu batalion pada Minggu (7/4/2024).

Radio Tentara Israel mengatakan langkah ini dalam rangka persiapan operasi darat Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan yang berbatasan dengan Mesir.

"Tadi malam (Sabtu, 4 April 2024), Israel menarik seluruh unit Divisi 98 dengan tiga brigadenya dari daerah Khan Yunis setelah 4 bulan pertempuran, hanya menyisakan Brigade Nahal yang beroperasi di Koridor Netzarim di Gaza, yang merupakan koridor di mana tentara Israel memutus jalur utara dari selatan untuk mencegah warga Palestina kembali ke Jalur Gaza utara," lapor Radio Tentara Israel, Minggu.

Media Israel, Maariv, membenarkan bahwa salah satu brigade tentara Israel masih berada di dalam Gaza untuk mencegah kembalinya warga Palestina ke Jalur Gaza utara.

Maariv menyebut penarikan Divisi 98 dari Khan Yunis dilakukan dalam rangka persiapan operasi di Rafah.

Surat kabar Yedioth Ahronoth juga melaporkan, mengutip sumber-sumber di tentara Israel, bahwa salah satu alasan penarikan tersebut adalah untuk meninggalkan tempat tersebut (Khan Yunis) bagi para pengungsi Palestina yang akan diminta untuk meninggalkan Rafah.

Pada saat yang sama, sumber tentara Israel menekankan tidak ada hubungan antara tekanan dari Amerika Serikat kepada Israel dengan penarikan tentara Israel dari Khan Yunis.

Sumber tersebut menambahkan, bahwa tentara pendudukan sedang bersiap untuk melanjutkan operasi melawan brigade Hamas yang tidak mereka tangani di Deir al-Balah dan Rafah.

Namun, sumber itu tidak mengecualikan bahwa tentara Israel dapat kembali ke Khan Yunis jika diperlukan.

Sumber-sumber Palestina melaporkan kepada koresponden Anadolu bahwa pasukan tentara Israel mundur dari seluruh wilayah barat kota Khan Yunis dan beberapa tetap ditempatkan di timur Khan Yunis.

Sebaliknya, media Israel, Channel12 Israel, melaporkan bahwa tentara Israel telah menyelesaikan tugasnya di Khan Yunis.

Baca juga: Emosi saat Demo Minta Netanyahu Mundur, Pengemudi Mobil Nekat Tabrak 3 Warga Israel

“Tentara Israel menyelesaikan operasinya di Khan Yunis, dan para pejuang menyelesaikan jalan keluar mereka dari sana,” lapor Channel12 Israel.

"Pasukan tentara yang terdiri dari 4 brigade berbeda sekarang ditempatkan di koridor kemanusiaan dan di Jalur Gaza utara di daerah Beit Hanoun,” lanjutnya.

Tentara Israel dilaporkan akan fokus pada metode serangan di Jalur Gaza, berdasarkan informasi intelijen yang tersedia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat