androidvodic.com

Niat Lucuti Militer Ukraina, Putin Minta Rusia Serang Fasilitas Energi Kyiv - News

News - Presiden Rusia, Vladimir Putin, menegaskan bahwa serangan yang dilancarkan pasukannya terhadap fasilitas energi di Ukraina adalah salah satu tujuan Moskow.

Putin mengatakan serangan yang menyebabkan pemadaman listrik yang luas itu bertujuan untuk melucuti senjata Ukraina.

“Kami berasumsi bahwa melalui metode ini, kami mempengaruhi sektor industri militer Ukraina,” kata Putin, saat menerima kunjungan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, di Kremlin pada Kamis (11/4/2024).

Pernyataan Putin disampaikan beberapa jam setelah Rusia melancarkan serangan besar-besaran dengan rudal dan drone yang menargetkan fasilitas energi di berbagai wilayah Ukraina.

Presiden Rusia itu menambahkan, serangan tersebut sekaligus menanggapi Ukraina yang menargetkan fasilitas energi Rusia melalui serangkaian serangan baru-baru ini, menurut laporan Agence France-Presse.

“Kami baru-baru ini melihat serangkaian penyerangan di lokasi energi kami, dan kami terpaksa meresponsnya,” kata Putin.

Ia mengatakan Rusia sengaja tidak menargetkan fasilitas energi tersebut saat musim dingin untuk tetap menjaga fasilitas sosial di Ukraina.

"Kami menghindari menargetkan fasilitas energi Ukraina selama musim dingin karena kami tidak ingin menghilangkan pusat-pusat sosial, rumah sakit, dan lain-lain,” katanya, dikutip dari Aawsat.

Pada musim dingin tahun 2022-2023, Rusia melancarkan serangan intensif terhadap fasilitas energi Ukraina, sehingga jutaan orang kehilangan listrik dan pemanas dalam jangka waktu yang lama.

Namun, jumlah serangan tersebut menurun pada musim dingin lalu, hingga Rusia kembali menargetkan fasilitas energi Ukraina pada bulan Maret 2024.

Kemarin, Rusia melancarkan serangan besar-besaran terhadap fasilitas energi Ukraina, yang menyebabkan hancurnya pembangkit listrik di wilayah Kyiv.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-779: Putin Tambah Pasukan hingga 10 Kali Lipat

Putin Bertemu Presiden Belarus

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyambut kunjungan sekutunya, Presiden Belarus, Alexander Lukashenko, di Kremlin pada Kamis (11/4/2024).

Putin dan Lukashenko membahas pengembangan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Selain itu, Putin membahas tentang perang Ukraina, terutama mengulangi penjelasannya mengenai penyebab Rusia meluncurkan invasinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat