androidvodic.com

Iran Rudal Israel Usai Kim Jong Un Bilang Siap Perang, Biden Mumet, AS dalam Jangkauan Nuklir Korut - News

News - Iran tegas membuktikan tak hanya gertak sambal usai Israel menyerang konsulat mereka di Damaskus dan menewaskan beberapa perwira dan dua jenderalnya sekaligus dua pekan lalu.

Tercatat Iran telah meluncurkan lebih dari 200 drone dan rudal ke Israel sebagai serangan balasan sejak Sabtu, (13/4/2024).

Belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Iran terlibat konflik langsung dengan Israel.

Selama ini Iran hanya mengganggu Israel lewat proksi mereka, yakni Hizbullah di Lebanon, Ansarallah atau Houthi di Yaman, Hamas di Gaza, dan tentu saja Suriah.

Presiden Iran Ebrahim Raisi menyebut serangan itu dilakukan untuk membela kedaulatan dan kepentingan nasional Iran sekaligus sebagai hukuman terhadap musuh mereka.

Aksi balasan Iran terhadap Israel tentu saja meningkatkan ketegangan di Timur Tengah dan dapat memicu perang yang jauh lebih besar yang belum pernah dibayangkan di kawasan tersebut.  

Dan tentu saja Iran sudah memperhitungkan keputusan mereka secara matang. Mereka tak gentar meski Israel dibekingi AS yang memiliki kemampuan militer terkuat di dunia.

Sebab, Iran tak sendirian. Tiga hari sebelum Iran melancarkan serangan, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un sebelumnya menyatakan kesiapan negaranya untuk perang.

Hal itu disampaikam Kim saat mengunjungi Akademi Militer dan Politik di Pyongyang pada 10 April 2024.

Kim sesumbar dapat menghadapi segala kemungkinan yang terjadi tanpa kegagalan.

Memang gertak yang disampaikan Kim berkait situasi yang tak menentu di Semenanjung Korea seiring meningkatnya konflik bersenjata dengan Korea Selatan.

Baca juga: Iran dan Israel: Dari Sekutu Jadi Musuh, Eskalasi Perang Bayangan

Pihaknya akan tanpa ragu melancarkan serangan mematikan kepada musuh dengan memobilisasi segala kemampuan dan kekuatan yang mereka miliki, jika AS dan Korea Selatan memilih konfrontasi militer.

Namun, tak menutup kemungkinan ada sokongan Korea Utara di balik keberanian Iran melancarkan serangan langsung ke Israel yang didukung penuh oleh AS.

Iran telah menjalin kerja sama militer rahasia yang erat dengan Korea Utara selama beberapa dekade.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat