androidvodic.com

Israel akan Menyerang Rafah di Gaza dengan atau Tanpa Kesepakatan Terkait Sandera, kata Netanyahu - News

Israel akan Menyerang Rafah di Gaza dengan atau Tanpa Kesepakatan Terkait Sandera, kata Netanyahu

News- Israel akan menyerang Rafah di Gaza 'dengan atau tanpa' kesepakatan penyanderaan, kata Benjamin Netanyahu.

Israel akan menyerang Rafah "dengan atau tanpa kesepakatan" untuk membebaskan sandera yang tersisa di Gaza, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji pada hari Selasa.

“Gagasan bahwa kita akan menghentikan perang sebelum mencapai semua tujuannya adalah mustahil. Kita akan memasuki Rafah dan kita akan melenyapkan batalyon Hamas di sana – dengan atau tanpa kesepakatan – untuk mencapai kemenangan total,” Netanyahu katanya, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Lebih dari satu juta pengungsi Palestina telah melarikan diri ke Rafah, kota di sepanjang perbatasan selatan Jalur Gaza dengan Mesir.

Selama berbulan-bulan, militer Israel telah berjanji untuk melancarkan serangan di sana untuk memerangi apa yang dikatakannya sebagai operasi dan infrastruktur Hamas yang berlokasi di sana.

Khawatir akan tingginya angka kematian warga sipil dan memburuknya situasi kemanusiaan di Gaza, kelompok bantuan dan pemimpin internasional, termasuk Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, mendesak Israel untuk mengurangi rencananya atau membatalkan serangan sama sekali.

Lebih dari 34.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan militer Israel sejak 7 Oktober, kata pejabat kesehatan di Gaza.

Sementara itu, negosiasi yang dimediasi oleh Mesir mengenai kemungkinan kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas telah meningkatkan harapan mengenai pembebasan sebagian atau seluruh sandera yang tersisa sebagai imbalan atas serangkaian gencatan senjata dan pembebasan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

(Pada tanggal 7 Oktober, militan yang dipimpin oleh Hamas membunuh sekitar 1.200 orang di Israel dan menculik sekitar 240 orang lainnya, lebih dari 100 di antaranya dibebaskan selama gencatan senjata tujuh hari pada bulan November.)

Netanyahu, yang posisinya sebagai perdana menteri bergantung pada koalisi politik dengan menteri-menteri yang berada jauh di sebelah kanannya, kini menghadapi tekanan yang semakin besar dari semua pihak mengenai kemungkinan tercapainya kesepakatan.

“Serangan militer terhadap Rafah akan menjadi eskalasi yang tak tertahankan, menewaskan ribuan warga sipil dan memaksa ratusan ribu orang mengungsi,” kata Sekretaris Jenderal PBB Guterres pada hari Selasa.

“Saya mengimbau semua pihak yang mempunyai pengaruh terhadap Israel untuk melakukan segala daya mereka untuk mencegah hal ini.”

Pada hari Minggu, menteri keuangan sayap kanan Israel Bezalel Smotrich, anggota kabinet perang Netanyahu, mengatakan di situs media sosial X bahwa menyetujui kesepakatan akan menjadi “penyerahan yang memalukan” dan “ancaman nyata” terhadap negara Israel. .

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat