androidvodic.com

Klaim Israel Dirusak, Intelijen AS Sebut Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tak Ada di Rafah - News

News - Informasi intelijen Amerika Serikat (AS) melaporkan Yahya Sinwar, pemimpin gerakan Palestina, Hamas, tidak berada di Rafah, Jalur Gaza selatan.

Pernyataan para pejabat AS tersebut menyangkal klaim Israel tentang serangan darat di Rafah yang dimulai minggu lalu.

Israel mengklaim bahwa menghilangkan Yahya Sinwar adalah langkah pertama untuk memusnahkan Hamas, yang disebut berada di Rafah.

Mengutip laporan para pejabat AS kepada The New York Times, Yahya Sinwar tidak pernah pergi dari Khan Yunis.

Baru-baru ini Yahya Sinwar dilaporkan muncul di lapangan dan memeriksa para pejuang Hamas.

lihat fotoMajelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat (10/5/2024) mengesahkan resolusi yang mendorong Dewan Keamanan (DK) PBB mempertimbangkan kembali keanggotaan Palestina. Dalam pemungutan suara, 143 negara mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB, termasuk Indonesia. 25 Negara abstain, kemudian ada sembilan negara menolak. Siapa saja? Berikut daftarnya. TRIBUNNEWS/SRIHANDRIATMO MALAU/AKBAR PERMANA
Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat (10/5/2024) mengesahkan resolusi yang mendorong Dewan Keamanan (DK) PBB mempertimbangkan kembali keanggotaan Palestina. Dalam pemungutan suara, 143 negara mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB, termasuk Indonesia. 25 Negara abstain, kemudian ada sembilan negara menolak. Siapa saja? Berikut daftarnya. TRIBUNNEWS/SRIHANDRIATMO MALAU/AKBAR PERMANA

Hal ini memicu ketidakpuasan yang meluas di publik Israel karena kegagalan mencapai tujuan perang di Jalur Gaza untuk menghancurkan Hamas.

"Badan intelijen Israel setuju dengan penilaian Amerika bahwa Yahya Sinwar dan para pemimpin lainnya tidak berada di Rafah," kata pejabat AS yang dirahasiakan identitasnya, kepada The New York Times, Senin (13/5/2024).

"Agen mata-mata di AS dan Israel percaya bahwa Yahya Sinwar tidak pernah meninggalkan jaringan terowongan di bawah Khan Yunis di Jalur Gaza utara, yang terletak di kedalaman 15 lantai di bawah tanah," lanjutnya.

Para pejabat AS percaya bahwa badan-badan intelijen Israel memiliki informasi yang lebih baik tentang lokasi Yahya Sinwar.

Ia menyangkal bahwa AS membantu Israel dengan membagikan informasi yang mereka ketahui tentang Yahya Sinwar kepada Israel.

Laporan lainnya mengatakan komandan Brigade Al-Qassam, Muhammad Deif, masih berada di luar jangkauan.

Baca juga: Hamas Hilang Kontak dengan Brigade Al-Qassam yang Jaga 4 Sandera Israel

Sementara itu, AS diam-diam memberikan informasi intelijen kepada Israel informasi intelijen kepada Israel tentang pejabat Hamas, termasuk Yahya Sinwar dan Muhammad Deif.

Di sisi lain, pemerintah AS memberi tahu Israel bahwa mengejar Yahya Sinwar tidak boleh dijadikan pembenaran atas serangan Israel di Rafah.

Sementara, Israel bersikeras untuk menyerang Rafah yang dianggapnya sebagai benteng terakhir Hamas setelah Israel meratakan bangunan di Jalur Gaza utara dan tengah, dikutip dari The New Arab.

Jumlah Korban

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat