androidvodic.com

Korban jiwa banjir bandang dan lahar di Sumbar mencapai 67 orang, tim penolong masih mencari puluhan orang yang dilaporkan hilang - News

Tim penolong masih terus mencari sedikitnya belasan orang yang dilaporkan hilang akibat banjir bandang di Sumatra Barat. Upaya pencarian masih terus dilakukan. Hingga Kamis (16/05) pagi, tercatat 67 korban meninggal dunia.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul MUhari mengatakan jumlah korban meninggal dunia terus bertambah setelah tim SAR gabungan berhasil menemukan beberapa orang yang sebelumnya dilaporkan hilang.

Di sisi lain, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong percepatan perbaikan sejumlah jalan nasional dan jembatan "yang terputus dan rusak."

Salah-satu yang akan diperbaiki, antara lain, Jalan Akses Simpang di Kota Padang Panjang dan 19 unit jembatan yang terdampak.

Dihadapkan kendala seperti itu, bantuan logistik bagi warga yang terdampak bencana dikirimkan melalui jalur udara, khususnya di daerah Kabupaten Tanah Datar, kata Badan Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sementara, ratusan warga yang terdampak banjir bandang lahar di tiga daerah di Sumatra Barat telah evakuasi ke sejumlah posko pengungsian, ungkap Badan Penanggulangan Bencana (BNPB).

Banjir terjadi di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kota Padang, Sumatera Barat, melaporkan korban meninggal dunia akibat banjir lahar dingin Gunung Marapi maupun banjir bandang di tiga wilayah di provinsi itu mencapai 59 orang per Rabu (15/05) pukul 13.00 WIB

Rinciannya, 23 orang korban meninggal dunia dari Kabupaten Agam; 27 orang di Kabupaten Tanah Datar; dua korban asal Kota Padang Panjang; serta dua orang di Padang. Dari jumlah itu, Basarnas melaporkan korban yang belum teridentifikasi lima orang, sehingga total yang meninggal 59 orang.

"Sampai saat ini tim pencarian masih mencari keberadaan warga yang dilaporkan hilang," kata Kepala SAR Kota Padang, Abdul Malik.

Abdul menjelaskan pencarian korban hilang yang diduga terseret arus banjir bandang tersebut dilakukan dari Kota Padang Panjang hingga aliran Sungai Batang Anai.

Berapa rumah yang diterjang banjir?

Adapun banjir bandang ini mengakibatkan 193 rumah warga di Kabupaten Agam mengalami kerusakan.

Sementara itu, di Tanah Datar, dilaporkan ada 84 rumah yang rusak ringan hingga berat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat