androidvodic.com

Reaksi Dunia, Hamas, hingga Houthi Yaman atas Tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi - News

News - Berikut ini sejumlah reaksi dunia, kelompok militan Hamas hingga Houthi yang menguasai Yaman atas kematian Presiden Iran, Ebrahim Raisi.

Raisi yang digadang-gadang sebagai calon penerus Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, tewas dalam kecelakaan helikopter di daerah pegunungan dekat perbatasan dengan Azerbaijan pada Minggu (19/5/2024).

Helikopter tersebut ditumpangi oleh Raisi dan rombongan, terdiri dari Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian; Gubernur Azerbaijan Timur, Malek Rahmati; Perwakilan pemimpin tertinggi Iran di Azerbaijan Timur, Mohammad Ali Ale-Hashem; Kepala pengawal presiden, Mehdi Mousavi; Pilot, co-pilot, dan awak helikopter.

Dipastikan penumpang helikopter Bell 212 tersebut semua tewas.

Kantor berita Iran, Mehr, mengonfirmasi kematian kesembilan orang tersebut.

Mehr melaporkan "semua penumpang helikopter yang membawa presiden dan menteri luar negeri Iran menjadi syahid".

Baca Juga: Sosok ebrahim raisi presiden iran yang gugur dalam kecelakaan pesawat tabrak gunung hingga jatuh

Reaksi Dunia atas Tewasnya Raisi

Hamas

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh kelompok militan Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, Palestina, mereka menyampaikan belasungkawa atas kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi.

"Belasungkawa dan solidaritas terdalam Hamas kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, pemerintah Iran, dan rakyat Iran atas kehilangan yang sangat besar ini," tulis Hamas dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters.

Hamas juga memuji para pemimpin Iran yang mati syahid tersebut, yang telah "mendukung perjuangan dan perlawanan Palestina terhadap Israel".

Houthi Yaman

Menyusul pernyataan Hamas, Ketua Komite Revolusioner Tertinggi Houthi, Yaman, Mohammed Ali Al-Houthi, menyampaikan reaksinya melalui unggahan X.

"Kami turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada rakyat Iran, Pemimpin Iran, dan keluarga Presiden Raisi, serta delegasi yang menyertainya atas laporan kesyahidan mereka," papar unggahan Al-Houthi di X.

Baca juga: Asal-usul Bell 212, Helikopter Presiden Iran yang Jatuh, Suku Cadang Bisa Jadi Faktor Kecelakaan

"Kami memohon kepada Tuhan untuk memberikan kesabaran dan penghiburan kepada keluarga mereka," lanjut unggahannya.

"Sesungguhnya, kami milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali. Rakyat Iran akan tetap berpegang pada pemimpin setia rakyatnya, sesuai kehendak Tuhan," tungkasnya.

Mantan Menlu Iran Zarif 

Selain Hamas dan Houthi Yaman, Mantan Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, turut menyampaikan belasungkawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat