androidvodic.com

Joe Biden Marah, ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan untuk Netanyahu dkk Serta Pimpinan Hamas - News

ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan untuk Netanyahu CS dan Pimpinan Hamas, Joe Biden Marah

News- Mahkaman internasional (ICC) mengeluarkan Surat Perintah Penangkapan untuk Benyamin Netanyahu CS dan Pimpinan Hamas.

Atas keluarnya surat perintah penangkapan tersebut, Presiden AS, Joe Biden Marah.

'Tidak ada genosida di Gaza' kata Joe Biden yang marah pada Mahkamah Kejahatan Internasional, ICC.

Presiden AS mengecam ICC karena 'menyamakan' pejabat Israel dengan para pemimpin Hamas, yang juga dituduh melakukan kejahatan perang oleh pengadilan yang bermarkas di Den Haag.

Presiden AS Joe Biden pada tanggal 20 Mei mengecam keputusan ICC yang mengajukan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menteri pertahanannya, dengan menyebutnya sebagai tindakan yang “keterlaluan” dan menyangkal adanya genosida Israel di Jalur Gaza.

“Bertentangan dengan tuduhan terhadap Israel yang dilontarkan oleh Mahkamah Internasional (ICJ), yang terjadi bukanlah genosida. Kami menolaknya,” kata Biden saat berpidato di Gedung Putih.

“Permohonan jaksa ICC untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para pemimpin Israel sangat keterlaluan.”

Joe Biden mengkritik keras jaksa ICC Karim Khan karena menyamakan perilaku para menteri Israel dengan pemimpin Hamas Yahya Sinwar, Mohammed Deif, dan Ismail Haniyeh – yang, bersama perdana menteri dan menteri pertahanan, dituduh melakukan kejahatan perang.

“Biar saya perjelas: apa pun yang disiratkan oleh jaksa ini, tidak ada – tidak ada kesetaraan – antara Israel dan Hamas. Kami akan selalu mendukung Israel melawan ancaman terhadap keamanannya,” tambah presiden.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan ICC “memalukan.”
Dia mengatakan bahwa meskipun Israel bukan anggota ICC, Israel siap bekerja sama dengan jaksa ICC.

Menurut Blinken, staf Khan seharusnya melakukan perjalanan ke Israel pada hari Senin.

Dua pejabat Israel mengatakan kepada Axios bahwa AS dan Inggris membantu mengatur kunjungan tersebut dan bahwa Netanyahu setuju untuk pertama kalinya untuk berinteraksi dengan kantor kejaksaan dan mengizinkannya memasuki wilayah tertentu di Jalur Gaza.

Blinken menambahkan bahwa meskipun kunjungan tersebut direncanakan, tim Khan memberi tahu Israel bahwa mereka tidak menaiki penerbangan tersebut, yang menurut Menteri Luar Negeri “mempertanyakan legitimasi dan kredibilitas penyelidikan ini.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat