androidvodic.com

Kerusuhan pecah di Kaledonia Baru, Australia dan Selandia Baru kirim pesawat evakuasi - Mengapa sebagian penduduknya keturunan Jawa? - News

Kerusuhan berlangsung di Kaledonia Baru, wilayah otonomi Prancis di tengah Samudra Pasifik, menewaskan sejumlah orang dan ratusan terluka.

Namun, yang belum banyak diketahui orang, ada ribuan orang keturunan etnis Jawa menjadi warga Kaledonia Baru.

Mengapa mereka bermukim di sana dan seperti apa sejarah di baliknya? Bagaimana hubungan mereka saat ini dengan Indonesia?

Pada Selasa (21/05), Australia dan Selandia Baru akan mengerahkan sejumlah pesawat untuk mengevakuasi warga mereka.

Australia telah menerbangkan dua pesawat untuk menjemput 300 warganya. Adapun pesawat pertama dari Selandia Baru akan membawa pulang sekitar 50 orang, kata pemerintah di Wellington.

Sekitar 290 warga Selandia Baru diyakini berada di Kaledonia Baru.

Baik Australia maupun Selandia Baru mengatakan mereka akan memprioritaskan penerbangan bagi mereka yang memiliki “kebutuhan paling mendesak”.

Wisatawan dari “negara lain” juga akan dibantu, kata Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong.

Diperkirakan sekitar 3.200 orang menunggu untuk keluar atau memasuki Kaledonia Baru.

Hingga Selasa (21/05), ratusan orang dilaporkan terluka dan enam orang tewas – termasuk dua anggota polisi.

Komisi Tinggi Prancis di Kaledonia Baru mengatakan kepolisian Prancis yang berusaha mengambil alih kendali jalan sepanjang 60 km antara Nouméa dan Bandara Internasional La Tontouta telah “menetralisir” 76 penghalang jalan dan membersihkan puing-puing kendaraan yang terbakar.

Saran perjalanan dari pemerintah Australia telah memperingatkan masyarakat untuk tidak mencoba pergi ke bandara sendiri dengan alasan rute tersebut “belum dianggap aman”.

Pihak kepolisian sudah menangkap lebih dari 200 warga dan sekitar 1.050 pasukan tambahan dikirim untuk membantu 1.700 aparat yang sudah bertugas di wilayah. Bala bantuan berupa 600 personel tambahan akan tiba "dalam beberapa jam mendatang", kata Komisi Tinggi Prancis di Kaledonia Baru pada Selasa (21/05).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat