androidvodic.com

10 Peristiwa dalam Perang Rusia-Ukraina Hari ke-823: 6 Orang Tewas dalam Serangan di Kharkiv - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-823 pada Minggu (26/5/2024).

Serangan Rusia menghantam sebuah tokok perangkat keras di daerah perumahan kota Kharkiv, Ukraina pada Sabtu (25/5/2024).

Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya terluka.

Menanggapi situasi tersebut, melalui pidato video malamnya, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengecam serangan tersebut.

Ia menyebut agresi itu sebagai contoh lain dari "kegilaan Rusia".

Selengkapnya, simak 11 Peristiwa dalam Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-823:

  1. Serangan Rusia terhadap sebuah toko perangkat keras yang ramai dan daerah perumahan di kota Kharkiv, Ukraina, pada hari Sabtu (25/5/2024) menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai puluhan lainnya, kata pejabat setempat .

    "Dua bom berpemandu menghantam hypermarket DIY di kawasan perumahan kota tersebut," kata Gubernur Oleh Syniehubov di televisi nasional.

    Setidaknya dua orang yang tewas adalah pegawai toko. Empat puluh orang terluka, dan sedikitnya tiga orang dalam kondisi serius.

    "16 orang masih belum ditemukan," kata Syniehubov.
  2. Di hari yang sama, serangan rudal pada sore hari menghantam sebuah bangunan perumahan di pusat kota berpenduduk 1,3 juta jiwa, melukai 18 orang.

    Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-822: Putin Sebut Jabatan Zelensky Sudah Kedaluwarsa

    "Rudal tersebut meninggalkan lubang sedalam beberapa meter di trotoar di kaki gedung, yang juga menampung kantor pos, salon kecantikan, dan kafe," kata Syniehubov.
  3. Presiden Volodymyr Zelensky, dalam pidato video malamnya, mengecam serangan tersebut sebagai “contoh lain kegilaan Rusia.

    Menurutnya, tidak ada cara lain untuk menggambarkan agresi Rusia terhadap wilayah Ukraina.

    Zelensky juga mengajukan permohonan kepada sekutu Barat agar membantu meningkatkan pertahanan udara, guna menjaga keamanan kota-kota di negara itu.

    “Saat kami memberitahu para pemimpin dunia bahwa Ukraina memerlukan pertahanan udara yang memadai, saat kami mengatakan kami memerlukan tindakan tegas yang nyata untuk memungkinkan kami melindungi rakyat kami, sehingga teroris Rusia bahkan tidak bisa mendekati perbatasan kami, kami berbicara tentang tidak mengizinkan serangan seperti ini terjadi," tutur Zelensky, dalam pidato video yang ia bagikan di X.
  4. Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron, menulis di platform media sosial X, mengecam serangan terhadap toko tersebut sebagai “tidak dapat diterima”.

    Sejauh ini, Moskow membantah sengaja menargetkan warga sipil.

    Akan tetapi, ribuan orang terbunuh dan terluka selama 27 bulan invasi ke Ukraina.
  5. Zelensky dijadwalkan melakukan perjalanan ke Portugal pada hari Selasa (28/5/2024), setelah rencana kunjungannya ke Spanyol, CNN Portugal melaporkan pada hari Sabtu.

    Awal bulan ini, Zelensky menunda perjalanannya ke Madrid dan Lisbon di tengah pertempuran sengit di wilayah Kharkiv.
  6. Tepat di seberang perbatasan, serangan Ukraina pada hari Sabtu (25/5/2024) menewaskan empat warga di wilayah Belgorod, Rusia selatan, kata gubernur regional Vyacheslav Gladkov.

    Gladkov, menulis di aplikasi perpesanan Telegram, mengatakan tiga orang tewas di desa Oktyabrsky dalam beberapa serangan roket.

    Dia mengatakan di desa Dubovoye, sebuah serangan menewaskan seorang wanita yang bekerja di kebunnya.

    Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan bahwa unit pertahanan udara telah mencegat dan menghancurkan sebuah pesawat tak berawak Ukraina di wilayah Kursk yang berdekatan.

    Tidak mungkin memverifikasi laporan medan perang masing-masing pihak.
  7. Rusia mengatakan pada hari Sabtu (25/5/2024) bahwa mereka telah merebut desa lain di wilayah Donetsk timur Ukraina.

    Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pasukan telah “mengambil alih desa Arkhangelske”, yang terletak di utara kota Donetsk.

    Desa kecil di garis depan itu terletak di dekat kota Ocheretyne, yang menurut Rusia telah direbut awal bulan ini.

    Staf Umum Ukraina mengakui  jika pasukan Rusia “sangat aktif” di dekat kota Pokrovsk di wilayah Donetsk.

    Dikatakan enam baku tembak sedang berlangsung di dekat desa Kalynove, Yasnobrodivka dan Sokil, di selatan desa Arkhangelske.
  8. Dalam perkembangan lain, polisi Ukraina mengatakan tiga warga sipil tewas dan dua lainnya terluka dalam serangan Rusia di wilayah Donetsk, di mana telah terjadi lebih dari 1.800 serangan dalam sehari terakhir.
  9. Para Menteri Keuangan G7 mengaku ada kemajuan dalam mencari cara untuk menggunakan keuntungan dari aset-aset Rusia yang dibekukan.

    G7 mengaku “berkomitmen untuk menerapkan sanksi finansial dan ekonomi lebih lanjut,” termasuk di sektor energi.

    Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengatakan Moskow akan membalas jika G7 tetap melaksanakan ancamannya.
  10. Sementara itu, Gubernur Bank of Italy, Fabio Panetta, mengatakan bank-bank Italia harus keluar dari Rusia meskipun hal itu akan rumit dan mahal.

    “Mengetahui bahwa Anda terpaksa mencari pembeli memang sulit, namun pada akhirnya Anda harus keluar dari sana karena ada masalah reputasi juga,” ujarnya kepada wartawan.
  11. Ukraina kembali menuduh Rusia sengaja menargetkan warga sipil dalam serangannya.

    Operator kereta api milik negara, Kereta Api Ukraina, melaporkan serangkaian serangan terhadap sistem kereta api di wilayah Kharkiv semalam hingga Jumat (24/5/2024) yang merusak jalur, gerbong kereta api, dan bangunan.

    Perusahaan tersebut mengunggah foto-foto di Telegram yang menunjukkan asap mengepul dari gerbong yang rusak, logam yang terpelintir, dan puing-puing di samping rel dan sebuah depo dengan beberapa jendela yang pecah.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat