androidvodic.com

Media Israel: Baku Tembak dengan IDF, Dua Tentara Mesir Tewas di Penyeberangan Rafah - News

Media Israel: Baku Tembak dengan IDF, Dua Tentara Mesir Tewas di Penyeberangan Rafah

News - Insiden baku tembak antara Tentara Mesir dan Israel dilaporkan terjadi di perbatasan titik penyeberangan Rafah, Senin (27/5/2024).

Situs web Walla Israel mengatakan kalau dua tentara Mesir tewas dalam baku tembak dengan tentara Israel di penyeberangan Rafah.

Baca juga: Tentara Mesir Tembaki Tentara Israel di Penyeberangan Rafah, Perang di Depan Mata

Laporan lain dari surat kabar Israel Maariv melaporkan, bahwa seorang tentara Mesir tewas dalam baku tembak dengan tentara Israel di persimpangan.  

Hebrew Channel 14, Senin (27/5/2024) sore, melaporkan, mengutip keterangan dari narasumber militer Israel bahwa tentara Mesir melepaskan tembakan ke arah tentara Israel di penyeberangan Rafah.

Adapun Hebrew Channel 13 sebelumnya mengutip para pejabat Israel, melaporkan kalau telah terjadi masalah yang sangat luar biasa antara tentara Israel dan Mesir di penyeberangan Rafah, tanpa rincian lebih lanjut. 

Insiden ini terjadi setelah bermingu-minggu ketegangan antara kedua negara sejak Israel memutuskan menginvasi Rafah dan mengambil alih kendali titik penyeberangan perbatasan kedua negara di sisi Palestina.

Penguasaan Koridor Philadhelpia oleh Israel juga menjadi titik merah bagi Mesir yang menganggapnya sebagai ancaman keamanan nasional.

Baca juga: Mesir Beri Sinyal ke Hamas Cs, Gabung Perang Kalau Israel Rebut Kendali Koridor Philadelphia

Gerbang perbatasan Rafah, Gaza Palestina dan Mesir. Pintu penyeberangan ini direbut kendalinya oleh Israel yang berencana mempekerjakan perusahaan keamanan swasta asal Amerika Serikat.
Gerbang perbatasan Rafah, Gaza Palestina dan Mesir. Pintu penyeberangan ini direbut kendalinya oleh Israel yang berencana mempekerjakan perusahaan keamanan swasta asal Amerika Serikat. (times of Israel)

Kairo Tolak Pengusiran Warga Gaza ke Sinai

Pemerintah Mesir menolak tegas usulan PM Israel Benyamin Netanyahu yang berencana memindahkan warga Gaza ke Sinai dengan dalih mengurangi jumlah korban tewas sipil akibat perang antara Israel dan Hamas.

"Mesir dengan tegas menolak rencana Israel untuk merelokasi warga Gaza ke Sinai," menurut saluran berita Mesir Al-Qahera yang dikutip Anadolu.

Pernyataan ini dilontarkan pemerintah Mesir setelah sebuah dokumen yang diterbitkan oleh media Israel menyebut bahwa tentara Israel sedang bersiap mengevakuasi 2,3 juta penduduk sipil Palestina ke kota-kota tenda dan kemudian ke kota-kota permanen yang akan didirikan di Sinai Utara.

Tak hanya itu Israel turut membentuk zona penyangga “steril” beberapa kilometer dari perbatasan Mesir dan tidak mengizinkan kembalinya penduduk Gaza dan Rafah ke perbatasan Israel.

Baca juga: Mantan Letkol IDF: Mesir Bangun Kekuatan Dahsyat di Sinai, Mau Lancarkan Perang Lawan Israel

Mengetahui rencana tersebut, Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi menegaskan tidak akan membiarkan ambisi Israel memindahkan warga Palestina ke Sinai.

Langkah ini diambil Mesir lantaran negara Sphinx ini guna mencegah terjadinya insiden Nakba atau pembersihan etnis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat