androidvodic.com

Israel Bunuh 274 Warga Gaza di Nuseirat untuk Memblokir Kesepakatan Gencatan Senjata, Kata Hamas - News

Israel Bunuh 274 Warga Gaza di Nuseirat untuk Menghalangi Kesepakatan Gencatan Senjata Kata Hamas

News- Israel melakukan pembantaian Nuseirat untuk 'menghalangi' kesepakatan gencatan senjata kata Hamas.

Israel membunuh 274 warga Palestina di Gaza pada hari Sabtu sebagai bagian dari operasi untuk menyelamatkan empat tawanan Israel.

Ismail Haniyeh, kepala biro politik gerakan Hamas, mengatakan Israel melancarkan operasi pembantaian berdarah dan penyelamatan tawanan di kamp Nuseirat di Gaza pada hari Sabtu untuk memblokir kesepakatan gencatan senjata.

Berbicara dengan Al Jazeera Arab pada 10 Juni tentang usulan perjanjian gencatan senjata AS dan prospek untuk mengakhiri perang, Haniyeh mengatakan Israel menyerang kamp Nuseirat, menewaskan sedikitnya 274 warga Palestina dan mengambil empat tawanan Israel untuk memblokir perjanjian apa pun yang akan mengakhiri perang.

Pasukan Israel membom berbagai wilayah sipil di Gaza dari udara untuk menciptakan kekacauan dan membuka jalan bagi operasi hari Sabtu sambil mengeksekusi warga Palestina dengan darah dingin di rumah mereka di mana tidak ada tawanan Israel.

Haniyeh juga menuduh AS menjadi bagian dari serangan itu, dengan mengatakan Gedung Putih Biden “tidak kalah kriminalnya” dengan kepemimpinan Israel.

Sebuah video yang diposting oleh seorang tentara Israel menunjukkan para tawanan dievakuasi dengan helikopter dari pantai di Gaza tempat AS membangun pelabuhan terapung, yang diduga untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Pada hari Minggu, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan AS menawarkan bantuan untuk menyelamatkan empat tawanan Israel tetapi tidak merinci caranya, dengan alasan alasan keamanan.

Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan kepada NBC News pada hari Senin bahwa operasi tersebut kemungkinan akan mempersulit upaya untuk mencapai gencatan senjata dan pertukaran tawanan antara Israel dan Hamas.

Pembebasan empat tawanan Israel telah “memperkuat tekad Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk terus melakukan operasi militer, dibandingkan menyetujui gencatan senjata,” kata pejabat itu.

Sebelum pembantaian hari Sabtu, AS telah mendorong para pejabat Israel untuk menerima proposal gencatan senjata yang diumumkan oleh Presiden AS Joe Biden pada tanggal 31 Mei.

Para pejabat AS mengklaim Israel mengajukan proposal tersebut, namun Netanyahu dan menteri-menteri lain di pemerintahannya menyatakan bahwa mereka akan menolak kesepakatan apa pun yang akan memaksa mereka untuk secara permanen mengakhiri kampanye pemboman dan penghancuran yang telah berlangsung selama tujuh bulan di Jalur Gaza yang terkepung.

Hamas bersikeras bahwa setiap kesepakatan gencatan senjata harus mengakhiri perang secara permanen.

Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Kairo dan kemudian Tel Aviv, diduga untuk memperbarui dorongan terhadap kesepakatan gencatan senjata. Dia selanjutnya akan mengunjungi Amman dan Doha.

Blinken secara khusus mencari dukungan terhadap rancangan terbaru perjanjian gencatan senjata yang diajukan Biden. AS juga berharap usulan tersebut dapat diajukan melalui pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB.

Seorang pejabat senior Hamas, Sami Abu Zuhri, pada hari Senin mendesak AS untuk menekan Israel agar mengakhiri perang.

“Kami menyerukan kepada pemerintah AS untuk memberikan tekanan pada pendudukan untuk menghentikan perang di Gaza, dan gerakan Hamas siap untuk menangani secara positif setiap inisiatif yang dapat mengakhiri perang,” katanya.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat