androidvodic.com

Apa itu flu burung dan haruskah kita khawatir ini akan memicu pandemi? - News

Penyebaran virus H5N1 atau flu burung pada sapi di peternakan Amerika Serikat telah mengagetkan para ilmuwan dan memicu kekhawatiran karena selama ini sapi dianggap tidak rentan terhadap penyakit ini.

Tidak ada bukti bahwa virus flu burung dapat menular antar-manusia, namun otoritas berwenang terus mengawasi situasinya. Pasalnya, virus ini telah menginfeksi sejumlah pekerja peternakan di AS dengan gejala ringan.

Sebelumnya di Meksiko, seorang laki-laki berusia 59 tahun meninggal dunia pada 24 April 2024 setelah terinfeksi flu burung dengan varian virus berbeda, yakni H5N2. Ini merupakan infeksi virus H5N2 pertama pada manusia yang dilaporkan di dunia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kemudian pada akhir Mei, Australia mengonfirmasi infeksi H5N1 pertama pada manusia yang terdeteksi pada seorang anak yang sedang dalam perjalanan pulang ke Negara Bagian Victoria dari India.

Menurut para pakar, kasus ini tidak berkaitan dengan yang terjadi di Meksiko.

Akan tetapi, virus flu burung varian H7N3 dan H7N9 juga ditemukan menyebar di tujuh peternakan di Melbourne, Australia, pada 17 Juni.

Apa yang diketahui mengenai flu burung dan apakah kita perlu khawatir?

Apa itu flu burung?

Flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menginfeksi unggas. Terkadang, virus ini juga menginfeksi hewan lain seperti rubah, anjing laut hingga berang-berang.

Varian virus flu burung yang paling banyak menyebar di antara unggas liar di seluruh dunia adalah H5N1. Virus ini pertama kali merebak di China pada akhir tahun 1990-an. Migrasi unggas telah menyebabkannya wabah pada burung peliharaan maupun liar.

Virus flu burung sangat jarang menginfeksi manusia. Menurut para ilmuwan, risiko virus ini menginfeksi manusia adalah rendah.

Penularan dari burung ke manusia jarang terjadi dan tidak ada penularan dari manusia ke manusia yang berkelanjutan.

Belum bisa diprediksi apakah flu burung akan memicu pandemi bagi manusia, namun para ahli tengah memantau penyebarannya dan mempelajari bagaimana virus ini berubah dan berkembang.

H5N1 sekarang menyebar cepat di antara sapi perah di AS. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS menggambarkan situasi ini sebagai “wabah yang sedang berlangsung di sejumlah negara bagian”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat