androidvodic.com

Presiden Siprus Ketar-ketir Diancam Hassan Nasrallah: Kami Gak Ikutan Perang Israel-Hizbullah - News

Presiden Siprus Ketar-ketir Diancam Hassan Nasrallah: Kami Gak Ikutan Perang Israel-Hizbullah

News - Presiden Siprus Nikos Christodoulides merespons pernyataan yang berbau ancaman dari Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah yang menilai negara tersebut ikut membantu manuver Israel dalam menyerang Lebanon.

Beraroma kekhawatiran, Christodoulides mengatakan kalau negaranya tidak berpartisipasi dalam cara apa pun dalam perang yang dilancarkan Israel terhadap Gaza dan Lebanon selatan.

Baca juga: Iran Turun Tangan, Israel Tebar Intrik di Internal Hizbullah, Mossad Lacak Nasrallah Real Time

Dia menekankan kalau “Republik Siprus adalah bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah”.

Dalam pidatonya kemarin, Rabu, Nasrallah mengancam akan menganggap dengan Siprus sebagai bagian dari perang jika infrastrukturnya tersedia bagi tentara Israel untuk menyerang Lebanon.

Christodoulides menilai - dalam pernyataan yang diterbitkan oleh Kantor Berita Siprus, Kamis (20/6/2024) - kalau pidato Nasrallah ini tidak menyenangkan, dan sama sekali tidak sesuai dengan kenyataan,

“Pidato itu juga menampilkan Siprus terlibat dalam kegiatan militer... Ini sepenuhnya bertentangan dengan kenyataan.”

Dia menambahkan, “Republik Siprus tidak terlibat dalam perang ini,” dan menekankan bahwa negaranya adalah “bagian dari solusi, bukan masalah,”.

Baca juga: Kebakaran Tak Juga Padam di Israel Utara, Hizbullah Sapu 25 Pemukiman di Golan hingga Dataran Hula

Sebanyak 35.000 orang Yahudi dilaporkan telah membeli properti di Siprus Utara, yang mencakup lahan seluas 2.500 hektar.
Sebanyak 35.000 orang Yahudi dilaporkan telah membeli properti di Siprus Utara, yang mencakup lahan seluas 2.500 hektar. (Middle East Eye)

Sang presiden menekankan kalau negaranya memainkan peran yang “diakui oleh dunia Arab dan seluruh komunitas internasional" dalam membuka koridor laut yang memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan dari Siprus ke Gaza.

Ancaman Nasrallah Nasrallah mengeluarkan peringatan kepada pemerintah Siprus berdasarkan apa yang dikatakannya sebagai informasi yang diterima pihak tersebut yang menunjukkan bahwa Israel - yang setiap tahunnya melakukan manuver di pulau kecil yang terletak di Laut Mediterania ini, kemungkinan menggunakan bandara dan pangkalan Siprus untuk menyerang Lebanon jika Hizbullah menargetkan bandara Israel.

Siprus merupakan anggota Uni Eropa dan secara geografis dekat dengan negara tersebut baik Lebanon dan Israel.

"Kami memiliki informasi bahwa musuh (Israel) sedang melakukan manuver di wilayah dan bandara Siprus, dan mereka yakin jika bandaranya menjadi sasaran, mereka akan menggunakan bandara dan fasilitas Siprus," kata Nasrallah.

Dia melanjutkan dengan memperingatkan, "Oleh karena itu, pemerintah Siprus harus tahu bahwa jika bandara dan pangkalan Siprus dibuka untuk perang terhadap Lebanon, kami akan memperlakukan Siprus seolah-olah itu adalah bagian dari perang."

Nasrallah berbicara dalam pidato di televisi saat perayaan peringatan pemimpin partai, Talib Sami Abdullah, “Haji Abu Talib,” yang terbunuh dalam serangan Israel pada 12 Juni.

Pidato Sekretaris Hizbullah disampaikan sehari setelah tentara Israel mengumumkan "persetujuan" atas rencana operasional serangan di Lebanon, dan Menteri Luar Negeri Israel Yisrael Katz berjanji pada hari Selasa untuk melenyapkan Hizbullah jika terjadi "perang habis-habisan", mengingat terus meningkatnya eskalasi di perbatasan Lebanon-Israel selama lebih dari 8 bulan.

4 Poin Pidato Nasrallah: Tak Ada Tempat Aman Bagi Israel

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat