androidvodic.com

Dorong Gencatan Senjata di Gaza, Fadli Zon Dukung Rencana Kunjungan IPU ke Rafah  - News

News, JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, mendukung IPU (Inter-Parliamentary Union) melakukan kunjungan ke Rafah dalam rangka mendorong gencatan senjata di Gaza.

Hal itu disampaikan Fadli Zon saat menghadiri pertemuan rutin Komite Eksekutif IPU ke-293 di Zanzibar, Tanzania pada tanggal 18 - 21 Juni 2024.

"Saya kira rencana kunjungan ke Rafah ini merupakan bentuk tanggung jawab IPU sebagai Organisasi Parlemen Se-Dunia untuk mengupayakan penghentian segera kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia, khususnya terhadap rakyat Palestina," kata Fadli dalam keterangannya Jumat (21/6/2024).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu juga meminta, agar Sekretariat IPU dapat mengikutsertakan perwakilan dari Komite Eksekutif pada rencana kunjungan tersebut.

Lebih lanjut, pertemuan Komite Eksekutif ke-293 tersebut membahas agenda-agenda strategis organisasi IPU kedepan, serta berbagai persoalan internal yang penyelesaiannya membutuhkan keputusan kolektif Komite Eksekutif. 

Pada kesempatan itu Fadli Zon juga menyampaikan terkait dengan alokasi Dana Solidaritas Parlemen yang akan diberikan sebagai bantuan untuk parlemen-parlemen yang negaranya sedang mengalami kesulitan finansial sehingga berhalangan untuk dapat aktif di IPU.

Baca juga: 67 Persen Fasilitas Air, Sanitasi dan Infrastruktur Dasar Lainnya di Gaza Telah Rusak oleh Israel

"Serta negara yang parlemennya belum menjadi anggota IPU karena keterbatasan kemampuan finansial," ucap Fadli.

Terkait dengan Dana Solidaritas Parlemen, Fadli Zon mendukung adanya alokasi bantuan untuk negara-negara Pasifik, sebagaimana yang baru-baru ini diterima oleh Parlemen Vanuatu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat