androidvodic.com

Mantan Pejabat Israel Desak Kongres AS untuk Batalkan Undangan Netanyahu Berpidato di Sidang Kongres - News

Mantan Pejabat Israel Desak Kongres AS untuk Batalkan Undangan Netanyahu Berpidato di Sidang Kongres

News- Mantan pejabat Israel dan juga seorang akademisi mendesak Kongres AS untuk mempertimbangkan kembali undangan ke Netanyahu.

Mantan pejabat dan akademisi Israel mendesak AS, pada hari Rabu, untuk menarik undangan Perdana Menteri, Benjamin Netanyahu, untuk berpidato di sidang gabungan Kongres bulan depan, menurut New York Times.

Sekelompok mantan pemimpin Israel yang berpengaruh dalam sebuah artikel editorial di surat kabar tersebut meminta anggota parlemen Amerika untuk menarik undangan pidato pada tanggal 24 Juli, menurut laporan Reuters.

Para penulisnya termasuk David Harel, presiden Akademi Ilmu Pengetahuan dan Humaniora Israel; Tamir Pardo, mantan direktur Mossad; Talia Sasson, mantan direktur departemen tugas khusus di Kejaksaan Israel; mantan Perdana Menteri Ehud Barak; Pemenang Nobel Aaron Ciechanover dan novelis David Grossman.

Kelompok ini berpendapat bahwa penampilan Netanyahu “tidak akan mewakili Negara Israel dan warga negaranya, dan hal itu akan memberikan imbalan atas tindakannya yang memalukan dan merusak terhadap negara kami.”

Mereka menyatakan keprihatinan mengenai cara Netanyahu menangani konflik di Jalur Gaza, kegagalannya dalam menjamin “pembebasan sandera” dan penolakannya terhadap “usaha AS untuk membangun rencana perdamaian”.

Para penulis mengatakan bahwa Netanyahu “telah gagal memikul tanggung jawab atas kesalahan yang menyebabkan serangan Hamas” dan belum membentuk “komisi penyelidikan”.

Mereka juga mengkritik kebijakan otoriter yang terus-menerus dikritiknya di tengah konflik-konflik lain di wilayah tersebut dan hambatannya terhadap kesepakatan-kesepakatan potensial yang bisa berujung pada pembebasan sandera yang ditahan di Gaza.

Kelompok tersebut menekankan bahwa banyak warga Israel “telah kehilangan kepercayaan pada pemerintahan Netanyahu”, mengutip demonstrasi yang meluas dan jajak pendapat yang menunjukkan keinginan untuk “pemilihan umum segera”.

Mereka memperingatkan bahwa pidato Netanyahu di depan Kongres kemungkinan akan digunakan untuk memperkuat posisi politiknya dan mengabaikan kekhawatiran yang disuarakan oleh masyarakat Israel.

Para penulis mengatakan bahwa anggota parlemen AS “harus meminta Netanyahu untuk tinggal di rumah”.

Pada tanggal 1 Juni, Netanyahu menerima undangan dari empat pemimpin tertinggi Kongres AS, yang diperpanjang pada hari sebelumnya dan ditandatangani oleh para pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat lainnya dari partai Demokrat dan Republik.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat