androidvodic.com

Pilpres Iran Digelar Hari Ini, 3 Calon Bersaing Ketat, Siapa yang Paling Berpeluang Menang? - News

News, TEHERAN - Pemilihan presiden Iran akan digelar hari ini, Jumat 28 Juni 2024. Apakah hasilnya akan berdampak pada kebijakan luar negeri Iran?

Mata dunia menyoroti Iran hari ini. Pemilihan presiden Iran akan sangat penting dalam menentukan arah kebijakan luar negeri Teheran, karena para kandidat mengusulkan strategi berbeda untuk keterlibatan global hingga negosiasi nuklir.

Meskipun Pemimpin Agung Iran Ali Khamenei pada akhirnya menentukan prioritas strategis negaranya, lima pemerintahan terpilih sejak masa kepemimpinannya dimulai pada tahun 1989 telah secara signifikan mempengaruhi kebijakan dalam dan luar negeri melalui wacana dan pendekatan yang berbeda-beda.

Ulasan di bawah ini didasarkan pada tulisan Vali Kaleji, pakar hubungan internasional yang berbasis di Teheran, Iran. Ia juga memegang gelar Ph.D. dalam Studi Regional, Asia Tengah dan Studi Kaukasia.

Presiden masa lalu dan kebijakan luar negeri

Ali Akbar Hashemi Rafsanjani (1989–1997) fokus pada rekonstruksi pascaperang, meningkatkan hubungan dengan Arab dan negara-negara tetangga lainnya, dan mengawasi “Dialog Kritis” dengan UE.

Pendekatannya yang konservatif namun moderat bertujuan untuk menstabilkan Iran setelah perang Iran-Irak yang menghancurkan, mendorong pembangunan ekonomi dan kerja sama regional.

Mengikuti Rafsanjani, presiden reformis Mohammad Khatami (1997–2005) mengambil alih kepemimpinan, dengan tujuan untuk membuka Iran secara politik dan sosial serta mengurangi ketegangan dengan Eropa dan AS melalui inisiatif “dialog antar peradaban”.

Masa jabatannya menunjukkan kebijakan dalam negeri yang lebih liberal dan upaya untuk melibatkan negara-negara barat secara diplomatis.

Mahmoud Ahmadinejad (2005–2013) adalah kebalikan dari Khatami dalam bidang kebijakan luar negeri.

Bersikukuh pada hak kedaulatan Iran untuk memperkaya uranium, masa kepresidenannya ditandai dengan meningkatnya konfrontasi dengan negara-negara barat.

Kepresidenan Ahmadinejad berujung pada sanksi Dewan Keamanan PBB dan menjadi awal dari poros strategis menuju Rusia dan Tiongkok dengan kebijakan “melihat ke timur”, menjauhi keterlibatan negara-negara barat.

Ketika Hassan Rouhani (2013–2021) terpilih sebagai presiden, kebijakan dalam dan luar negeri Iran kembali berubah, cenderung ke arah liberalisme sosial dan politik – meskipun tidak sampai pada tingkat Khatami – dan menganut “Interaksi Konstruktif,” sebuah kebijakan yang berupaya menyeimbangkan pengaruh Timur. dan kekuatan barat.

Salah satu hasil dari pendekatan ini adalah Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) tahun 2015 dan pembatalan sanksi oleh Dewan Keamanan PBB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat