androidvodic.com

4 Cara Memperkuat Tulang dan Cegah Osteoporosis Sejak Dini - News

News - Osteoporosis merupakan salah satu penyakit degeneratif yang perlu diwaspadai. Maka dari itulah,  setiap tanggal 20 Oktober diperingati sebagai Hari Osteoporosis Sedunia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan, osteoporosis atau sering disebut tulang keropos adalah suatu kondisi yang membuat tulang mengalami penurunan jumlah massa dan penipisan.

Menurunnya kepadatan tulang ini terjadi karena tubuh tidak mampu mengatur kandungan mineral dalam tulang dan disertai rusaknya bagian dalam tulang sehingga tulang jadi keropos dan rentan patah.

Osteoporosis umumnya memang tidak terasa sakit kecuali terjadi keretakan tulang. Namun, penting bagi Anda untuk tetap memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis sedini mungkin, misalnya dengan melakukan 4 langkah di bawah ini:

Baca juga: Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 40-an: Tetap Aktif Bergerak

1) Olahraga secara teratur

Rutin berolahraga ternyata bermanfaat mencegah osteoporosis. Kemenkes mengungkapkan olahraga secara teratur dapat meningkatkan massa otot dan mengurangi risiko fraktur sebesar 40 persen.

Untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis, jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga weight-bearing, yaitu olahraga dengan gerakan melawan gravitasi dalam posisi berdiri tegak.

Melansir KlikDokter, olahraga ini terbagi menjadi dua jenis yang sama-sama dapat mencegah osteoporosis, yaitu high-impact weight bearing dan low-impact weight bearing.

Contoh olahraga high-impact weight bearing adalah joging, lari, lompat tali, naik tangga, tenis, dansa, atau hiking. Sementara, contoh olahraga low-impact weight bearing adalah angkat beban, jalan cepat, yoga, pilates, atau tai chi.

2) Latihan fleksibilitas

Latihan fleksibilitas bermanfaat untuk menjaga otot tetap lentur dan persendian tetap bekerja dengan baik, sehingga mengurangi risiko cedera saat bertambahnya usia. Dengan meningkatkan kelenturan, maka kondisi tulang belakang, otot paha dan dada, serta pinggul juga dapat terjaga.

Sebagai catatan, dalam melakukan latihan fleksibilitas hindari gerakan atau latihan yang membuat Anda harus banyak membungkuk ke depan, untuk mencegah tekanan ekstra pada tulang dan tulang belakang Anda.

Dalam melakukan latihan fleksibilitas, regangkan otot hingga titik maksimal, jangan lakukan hingga otot terasa sakit. Kemudian tahan peregangan selama 15-30 detik, setidaknya 3 -5 kali sehari.

Baca juga: Pulang dari Liburan Badan Malah Pegal-pegal? Ini Cara Mengatasinya!

3) Kontrol berat badan

Menjaga berat badan ideal dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis sedini mungkin. Pasalnya, berat badan berlebih akan meningkatkan risiko patah tulang di berbagai bagian tubuh. 

Di saat yang sama, tubuh yang terlalu kurus juga dapat menjadi faktor risiko yang menyebabkan pengeroposan tulang.

Melansir dari KlikDokter, pada umumnya, wanita dewasa dengan aktivitas ringan membutuhkan 1.800-2.000 kalori per hari. Sedangkan pria membutuhkan 2.000-2.400 kalori per hari. 

Untuk menjaga berat badan ideal, pastikan Anda menerapkan pola makan sehat serta memenuhi kecukupan gizi harian dengan baik.

4) Penuhi kebutuhan kalsium

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang berkaitan erat dengan kesehatan tulang, baik dalam pencegahan maupun pengobatan osteoporosis. Secara umum, orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.000 miligram setiap harinya dari berbagai jenis makanan.

Beberapa sumber kalsium tinggi bisa diperoleh dari berbagai asupan sehari-hari seperti susu, sayuran hijau, hingga kacang-kacangan.

Untuk produk susu, Entrasol Gold dapat menjadi pilihan tepat untuk nutrisi tambahan sehari-hari Anda. Ekstrak buah zaitun yang terdapat pada susu untuk orang dewasa ini mengandung zat aktif hydroxytyrosol, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C.

nutrisi dewasa entrasol gold

Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, susu untuk orang dewasa ini juga bermanfaat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan jantung.

Entrasol Gold juga tinggi serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta tanpa penambahan gula, lebih rendah laktosa, dan rendah lemak, sehingga Anda tak perlu khawatir saat mengonsumsinya. 

Dengan formula baru, Entrasol Gold tersedia dalam tiga varian rasa yang lebih enak, yaitu Vanilla, Chocolate, serta Original.

Yuk, cegah osteoporosis dan jaga kekuatan tulang sedini mungkin. Saatnya lengkapi kebutuhan nutrisi dengan Entrasol Gold agar tetap bugar hingga usia tua!

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat