androidvodic.com

Mitos Atau Fakta, Konsumsi Micin Bisa Sebabkan Kebodohan dan Obesitas? Berikut Penjelasan Dokter - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Mungkin sering terdengar celetukan orang yang menyatakan jika konsumsi monosodium glutamate (MSG) alias micin bisa sebabkan kebodohan dan obesitas. 

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Arti Indira MGz SpGK FINEM, informasi tersebut tidaklah benar. Karena hingga saat ini belum ada bukti jika micin dapat menyebabkan kebodohan. Atau, berhubungan dengan obesitas.

"Sampai sekarang tidak terbukti MSG menyebabkan kebodohan atau berhubungan dengan obesitas," ungkapnya pada seminar virtual, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Banyak Konsumsi Micin, Apa Dampaknya Bagi Kesehatan? Ini Penjelasan Dokter

Obesitas, kata dr Arti tidak hanya disebabkan oleh satu faktor tunggal. Ada banyak penyebab kenapa terjadinya obesitas.

Bisa saja, karena penggunaan MSG atau micin, makanan jadi lebih sedap. Sehingga timbul keinginan untuk makan dengan porsi besar. 

Sehingga dapat dikatakan jika yang menjadi penyebab obesitas bukan hanya karena MSG, melainkan konsumsi kalori berlebihan.

"Kalau tunggal tidak ada mengarah ke situ. Silakan gunakan MSG secukupnya.Di sisi lain, lidah kita didesain canggih. Kalau Konsumsi berlebihan biasanya tubuh akan menolak," papar dr Arti lagi. 

Menurut dr Arti, selagi belum berlebihan dan tidak ada rasa pahit yang ditimbulkan, maka silakan gunakan micin. Asal dengan takaran yang normal. Micin juga bisa digunakan untuk mengurangi konsumsi garam sehari.

Baca juga: WHO sampai Kemenkes Sebut Micin Tak Berbahaya, Hanya Catat Ini

Kalau belum rasa pahit, belum berlebihan silakan gunakan apa lagi untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat