androidvodic.com

Waspadai Campak, Jika Tulari Anak Bergizi Buurk Bisa Komplikasi dan Picu Penyakit Berat - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA- Campak akan sangat berbahaya jika terjadi komplikasi.

Dampaknya dapat menyebabkan diare berat hingga kematian.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan dr. Prima Yosephine, MKM mengungkapkan komplikasi campak umumnya berat jika mengenai anak dengan gizi buruk.

Baca juga: Benarkah Mandi dan Kena Angin Perburuk Kondisi Penderita Campak? IDAI Beri Penjelasan

Anak yang alami gizi buruk bisa langsung disertai komplikasi.

"Seperti diare berat, pneumonia, radang paru, radang otak, infeksi di selaput matanya sampai menimbulkan kebutaan. Ini yang kita khawatirkan,” ungkap dr Prima pada laman resmi Kementerian Kesehatan dikutip Tribunnews, Selasa (24/1/2023).

Secara umum, gejala campak dapat berupa demam, batuk pilek, mata berair.

Lalu disertai timbulnya bintik-bintik kemerahan di kulit.

Biasanya muncul 2 sampai 4 hari setelah dari gejala awal.

Baca juga: Diberikan Tiga Kali Dosis, Kapan Sebaiknya Anak Imunisasi Campak?

Campak ini disebabkan oleh virus campak dan penularannya melalui droplet, percikan ludah saat batuk, bersin, bicara, atau bisa melalui cairan hidung.

Dan campak ini salah satu penyakit yang sangat menular.

Tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang bersama Kader Posyandu Wijaya Kusuma RW 06 Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, memberikan layanan kesehatan pada pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Senin (1/8/2022). Pemkot Tangerang,  mulai mencanangkan program BIAN secara bertahap selama satu bulan dan mendapat dukungan dari masyarakat setempat agar anak mereka sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya, selain itu untuk mengejar cakupan imunisasi yang menurun signifikan akibat pandemi serta ada pemberian imunisasi tambahan seperti campak, rubela dan melengkapi dosis imunisasi polio,  DPT- HB- Hib,  yang terlewat. Warta Kota/Nur Ichsan
Tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang bersama Kader Posyandu Wijaya Kusuma RW 06 Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, memberikan layanan kesehatan pada pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Senin (1/8/2022). Pemkot Tangerang, mulai mencanangkan program BIAN secara bertahap selama satu bulan dan mendapat dukungan dari masyarakat setempat agar anak mereka sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya, selain itu untuk mengejar cakupan imunisasi yang menurun signifikan akibat pandemi serta ada pemberian imunisasi tambahan seperti campak, rubela dan melengkapi dosis imunisasi polio, DPT- HB- Hib, yang terlewat. Warta Kota/Nur Ichsan (Warta Kota/Nur Ichsan)

Pencegahan campak hanya bisa diperoleh dari imunisasi.

Sehingga imunisasi sesuai jadwalnya harus dilakukan supaya anak-anak terhindar dari campak.

Keadaan di Indonesia 2 tahun terakhir atau hampir 3 tahun sejak terdampak dari pandemi COVID-19 membuat implikasi yang tidak baik terhadap cakupan imunisasi.

Baca juga: Daftar 55 Daerah di 12 Provinsi yang Tetapkan Status KLB Campak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat